PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX MTs NURUL YAQIN TONDANO

Authors

  • Muhamad Aghi Ladiku Universitas Negeri Manado
  • Vivian Eleonara Regar Universitas Negeri Manado
  • Ichdar Domu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2293

Keywords:

Minat Belajar, Hasil Belajar, Regresi Linear

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX di MTs Nurul Yaqin Tondano. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar dan dokumentasi nilai akhir siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan terdapat hubungan linear antara minat belajar dengan hasil belajar matematika. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ = 2,340 + 0,860X dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) dan koefisien determinasi sebesar 94,5%, yang berarti minat belajar memberikan kontribusi sebesar 94,5% terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Kesimpulannya adalah penelitian ini memberikan implikasi bahwa peningkatan minat belajar siswa dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika

References

Ariyani, M. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan. Universitas Borneo Tarakan.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382–389.

Dinar, I., Mulyanti, Y., & Lukman, H. S. (2022). Analysis of students’ Metacognitive Abilities in Solving Mathematical Problem. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 174–185. https://doi.org/10.36277/defermat.v5i2.180

Djamarah, Syaiful Bahri. (2018). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11.

Holland, J. L. (2017). Making vocational choices: A theory of vocational personalities and work environments (3rd ed.). Psychological Assessment Resources.

Mardiyah, J., Khotimah, H., & Susilo, G. (2025). Pengembangan Game Edukasi Besarang (Bermain Sambil Belajar Peluang) Menggunakan Software Construct 2 Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2023/2024. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 122–131. https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.1729

Muhajir, N. (2020). Pengertian Minat Menurut Para Ahli. Retrieved from Kumparan: https://kumparan.com/pengertian-dan-istilah/pengertian-minat-menurut-para-ahli-dan-jenis-jenisnya-21SAyxmXoJt/3

Pratama, R. A., & Musdolifah, A. (2019). Teka-Teki Logika untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sanggar Kegiatan Belajar Balikpapan Timur. Abdimas Universal, 1(1), 48–53. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v1i1.22

Rahmah, N., & Afifa, N. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 929-956.

Rindiyanti, A., Anggoro, B. S., & Nabila, S. U. (2025). Implementasi Model Pembelajaran ECIRR Dengan Menggunakan QSH Terhadap Scientific Reasoning Dan Kemampuan Berpikir Reflektif Pada Siswa. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 92–101. https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.2234

Sarjana, K., & Kertiyani, N. M. I. (2023). Peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa setelah pandemi: tinjauan dari sistem pembelajaran daring dan luring. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 27–35.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-25). Alfabeta.

Susanti, D. ., Susanto, S., Suwito, A., & Firmansyah, F. F. (2025). Keterampilan Berpikir Komputasi Peserta Didik Dalam Memecahkan Soal Pisa Ditinjau Dari Gaya Belajar. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 102–113. https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.2236

Susilo, G., Pratama, R. A., Handayani, S., & Irham, A. (2022). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran di SMP Negeri 11 Balikpapan. Kompetensi, 15(2), 233–240. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i2.109

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Ladiku, M. A., Regar , V. E., & Domu, I. . (2025). PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX MTs NURUL YAQIN TONDANO. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 198–204. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2293

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)