PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TOMPASO

Authors

  • Juani Rubby Rambembuoh Universitas Negeri Manado
  • Ichdar Domu Universitas Negeri Manado
  • Aneke Pesik Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2281

Keywords:

Discovery learning, Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar, Segitiga

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan pembelajaran Discovery learning dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi Segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan desain Postest-Only Control Grup Design Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 27 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 27 siswa di SMP Negeri 2 Tompaso tahun ajaran 2024/2025 yang dipilih secara acak. Data yang diperoleh adalah hasil posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen XE = 74,25 dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol XK = 46,07. pengujian data setelah menggunakan taraf nyata α =0,05 diperoleh diperoleh thitung = 9,32628 > ttabel = 1,675 dan disimpulkan H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa yang belajar menggunakan kooperatif Teams Games Tournament (TGT) pada materi segitiga lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery learning.

References

Adam, A., & Upu, H. (2019). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Discovery learning Dan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 77-86.

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104-111.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Damayanti, H., Waskitoningtyas, R. S., & Yuniarti, S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas 8 SMP Negeri 11 Balikpapan Tahun Ajaran 2023/2024. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 114–121. https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.480

Dewi, S. L. (2021). Pengaruh metode mengajar terhadap minat belajar siswa sekolah dasar pada pelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 755-764.

Ermawati, D., Anisa, R. N., Saputro, R. W., Ummah, N., & Azura, F. N. (2023). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Dersalam. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa): Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(2), 82-92.

Ikhsan , K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi Dan Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Edukasi. (Diunduh Pada Tanggal 23 April 2023).

Karlina, N. (2018). "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp N 3 Jetis." Prodi Pendidikan Matematika Universitas Pgri Yogyakarta.

Marbun, S., Monoarfa, J. F., & Kaunang, D. F. (2022). Pengaruh Model Discovery learning Terhadap Hasil Belajar Matematika SMA Negeri 1 Tondano. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(2), 90-96.

Murfiah, Uum. (2017). Pembelajaran Terpadu. Bandung: Departemen Fkip Universitas Pasundan.

Permatasari, B. I., Nurismiyati, N., & Rahadi, N. M. (2025). Penerapan Model Discovery learning pada Pembelajaran Matematika SMA pada Materi Kaidah Pencacahan. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 10(1), 01-14.

Tulangow, S. V., Salajang, S. M., & Pitoy, C. (2024). Komparasi Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Balok. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 1829-1838.

Yuniarti, S., Kemiliani, F. C., & Ananda, D. A. (2022). Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Yang Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual. Kompetensi, 15(2), 218–224. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i2.103

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Rambembuoh, J. R., Domu, I. ., & Pesik, A. (2025). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TOMPASO. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 147–152. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2281

Issue

Section

Articles