PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATEMATIKA (DI KELAS VIII SMP ADVENT AMURANG)

Authors

  • Praiscilia Ervine Tombokan Universitas Negeri Manado
  • Philotheus Erwin Alex Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Aneke Pesik Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2292

Keywords:

pergaulan, teman sebaya, prestasi belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi teman sebaya, prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan populasi 25 orang. Teman sebaya diperoleh nilai rata-rata skor kuisoner sebesar 53,08 dan prestasi belajar sebesar 76,84. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai Sig. (0,000) < α (0,05), maka ditolak dan diterima, dengan nilai R Square yang didapatkan 0,986 menunjukkan variabel pergaulan teman sebaya memiliki pengaruh sebesar 98,6% terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar sebesar 98,6% dipengaruhi oleh teman sebaya, dan sisanya 1,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Damayanti, A. (2022, June). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi (Vol. 1, No. 1, pp. 99-108).

Larasati, K., & Marheni, A. (2019). Hubungan antara komunikasi interpersonal orangtua-remaja dengan keterampilan sosial remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 88-95.

Putri, N. E., & Prijambodo, R. F. N. (2020, August). Peran Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di MAN 1 Jombang. In Prosiding Conference on Research and Community Services (Vol. 2, No. 1, pp. 452-458).

Safitri, I., Kurniawan, K., & Arbaini Wahyuningsih, W. (2022). Hubungan Pergaulan Teman Sebaya Pada Pembelajaran Online (Daring) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN 03 Pasemah Air Keruh (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

Susiana, S. (2019). Pengaruh Kegiatan Bermain Drama Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Tk Mutiara Kenjeran Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 109-116.

Syarifuddin, A. (2019). Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa stkip paris barantai. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 284-292.

Umar, A. F. F., Yusuf, A. I., Amini, A. R., & Alhadi, A. (2023). Pengaruh motivasi belajar terhadap peningkatan prestasi akademik siswa: The Influence of Learning Motivation on Increasing Student Academic Achievement. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 7(2), 121-133.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Tombokan, P. E., Tuerah, P. E. A., & Pesik , A. . (2025). PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATEMATIKA (DI KELAS VIII SMP ADVENT AMURANG). De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 251–258. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2292

Issue

Section

Articles