EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI INTEGRAL DI SMA NEGERI 1 BITUNG
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2299Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model problem based learning berbantuan media interaktif (google sites) terhadap hasil belajar materi integral di SMA Negeri 1 Bitung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, dengan desain: pretest-posttest control group design. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media interaktif (google sites). Sedangkan kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni: tes dan angket. Analisis data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yakni: analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (76,205) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol (63,590), 2) terdapat peningkatan hasil tes setelah perlakuan model problem based learning berbantuan media interaktif google sites (yaitu 33,128 meningkat menjadi 76,205), 3) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (76,205) telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (75), 4) ketuntasan klasikal hasil belajar kelas eksperimen melebihi 60%, dan 5) respon siswa terhadap pembelajaran bersifat positif. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa model problem based learning berbantuan media interaktif (google sites) efektif terhadap hasil belajar materi integral di SMA Negeri 1 Bitung.
References
Afifah, B. A., Imswatama, A., & Setiani, A. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.36277/defermat.v3i1.46
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Analisis kesalahan siswa kesalahan VIII SMP di Kabupaten Bandung Barat dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan ditinjau dari gender. Jurnal Cendekia, 4(1), 151-162.
Aqib, Zainal, & Murtadlo. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Satu Nusa.
Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 666.
Azaka, L., Zulkarnain, I., & Suryaningsih, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Pada Materi Integral. JURMADIKTA, 1(3), 41–47.
Susilo, G. (2020). Student’s critical thinking ability in completing metacognition problems of mathematical education students in Balikpapan University. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 87-97.
Husna, M., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2017). Peran Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Transformasi Abad 21, 7(1), 34–41.
Kasyadi, Y., Kresnadi, H., & Sugiyono, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengtahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw di Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(8).
Kurniawan, Sukma, K., & Yuntawati. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Beranimasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Integral Tak Tentu. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 113–126.
Lolombulan, J. H. (2017). Statistika bagi Peneliti Pendidikan. Penerbit Andi.
Novitasari, L., & Leonard. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika.
Pai, R., Kaunang, D., & Maukar, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Materi Balok dan Kubus Kelas VIII SMP Negeri 9 Satap Langowan. Jurnal Cendekia, 8(2), 1865–1875.
Putra, R. S., Wijayanti, N., & Mahatmanti. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009–2018.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 297–298.
Romadhoni, I., Mahardika, I. K., & Harijanto, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika SMA di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika (JPF), 5(4).
Saifuddin. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Deepublish.
Sari, D. W. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Google Sites Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Universitas Islam Sultan Agung.
Sekali, E. C. B. K., & Boentolo, F. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang. Aletheia, 6(1).
Sofyan, H., Wagiran, K., Komariah, E., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Susilowati, W. (2017). Efektivitas Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Abdobe Flash Profesional CS6 Terhadap Hasil Belajar Materi Jurnal Penyesuaian Kelas X Di SMK Prapanca 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akutansi (JPAK), 5(3), 1–7.
Tiyas, S. I. R. N., Khusaini, & Purwantini, A. (2024). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media PhET Di SMA Brawijaya Smart School Malang. Jurnal Ilmiah Nusantara (JINU), 1(4), 909–919.
Tombokan, A., Mangobi, J., & Monoarfa, J. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbasis Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Materi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 8 Manado. Universitas Negeri Manado.
Utami, R. A., Amaliah, R., & Wahyuddin. (2025). Penerapan Model PBL Dengan Media PPT Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Kelas III di SD Inpres Mallengkeri II Makassar. Didaktik, 11(1).
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 610.