PENERAPAN COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SMA NEGERI 2 TONDANO

Authors

  • Vivian Eleonara Regar Universitas Negeri Manado
  • Vanesa Putri Jeivika Nua Universitas Negeri Manado
  • Patricia Runtu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2298

Keywords:

computational thinking, pemahaman konsep, matematika, matriks, sekolah menengah atas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Computational Thinking untuk meningkatkan pemahaman konsep di kelas XI SMA Negeri 2 Tondano pada materi matriks. Latar belakang penelitian ini ddasarkan pada rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dalam menyelesaikan soal kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mix method) dengan dominasi kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari lembar observasi, wawancara, pretest dan posttest serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan pembelajaran berbasis CT Skill. hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor pretest dari 33,75% menjadi 75,42% pada posttest, serta gain score rata-rata sebesar 0,61 yang termasuk kategori sedang. Penerapan Langkah-langkah CT seperti decomposition, pattern recognition, abstract, algorithmic thinking terbukti membantu siswa dalam Menyusun strategi penyelesaian soal secara sistematis. Selain iu, pendekatan ini juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran matematika yang di integrasikan dengan Computational Thiking dinilai cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi matriks.

References

Agustina, V. ., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Analysis Of Mathematical Creative Thinking Ability In Terms Of Self-Regulated Learning In The Creative Problem-Solving Learning Model. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 104–119. https://doi.org/10.36277/defermat.v5i2.288

Christi, S. R. N., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya berpikir komputasional dalam pembelajaran matematika. Journal on Education, 5(4), 12590-12598.

Damayanti, H., Waskitoningtyas, R. S., & Yuniarti, S. (2025). PENGARUH Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas 8 SMP Negeri 11 Balikpapan Tahun Ajaran 2023/2024. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 114–121. https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.480

Dari, W., & Yahfizham, Y. (2024). Studi Literatur: Analisis Berpikir Komputasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(3), 98-106.

Jufri, A. P., Asri, W. K., Mannahali, M., & Vidya, A. (2023). Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif. Ananta Vidya.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Matematika tingkat lanjut untuk SMA/MA kelas XI: Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kemdikbudristek.

Langi, R. K., Tumalun, N. K., & Regar, V. E. (2024). Meta Analisis: Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 858-868.

Lestariani, Diah Suci. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematis ; Dampak Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air). De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 26–33. Retrieved from https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/61

Mustafa, M. (2023). Aktivitas siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan berpikir komputasi berbantuan Chat-GPT. Mathema. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 283-298.

Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Analisis kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi barisan dan deret dengan langkah-langkah menurut Polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 371-384.

Pajow, M. A., Regar, V. E., & Maukar, M. G. (2024). Hubungan antara Kemampuan Computational Thinking dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Pola Bilangan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 544-553.

Sohilait, E. (2020). Metodologi penelitian Pendidikan Matematika: Penelitian Pengembangan dan desain riset dalam pembelajaran Matematika. Emy Sohilait..

Solekah, I., Kurniati, A., Yuniati, S., & Rahmi, D. (2025). Systematic Literatur Review: Aplikasi Matriks Dalam Kehidupan Sehari-hari. Trigonometri: Jurnal Matematika, 2(1), 15-24.

Susilo, G., Sari, T. H. N. I., & Mardiyah, J. (2024, August). Description of Implementation of Project Based Learning Model on Creativity Ability of Second Grade Students of SD Islam Ar-Rahiim Balikpapan. In 5th Borobudur International Symposium on Humanities and Social Science 2023 (pp. 736-744). Atlantis Press.

Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Bekasi: Guepedia.

Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2016). Elementary and middle school mathematics (p. 31). London: Pearson Education UK.

Wira, A., Padang, A. T., & Barat, S. (2021). Validitas dan efektivitas media pembelajaran berbasis android mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 3(1), 1-10.

Zannurrain, M. F., Herdiyanti, A., & Hasibuan, M. U. (2023). Studi Literatur: Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA pada Materi Matriks. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 4(1), 32-40.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Regar, V. E., Nua, V. P. J., & Runtu, P. (2025). PENERAPAN COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SMA NEGERI 2 TONDANO. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 317–325. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2298

Issue

Section

Articles