ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS ; DAMPAK PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)

Pembelajaran AIR; Pemahaman konsep matematis; kepribadian Myer-Briggs

Authors

  • diah suci lestariani universitas islam negeri raden intan lampung

Keywords:

Pembelajaran AIR; Pemahaman konsep matematis; kepribadian Myer-Briggs

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini yaitu; untuk mengetahui pengaruh pembelajaran (AIR) terhadap pemahaman konsep matematis.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif , metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah eksperimen semu (Quasi Experimental). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes berupa soal uraian (essay) Teknik analisis data digunakan uji t dua sampel tidak berkorelasi. Penelitian ini menghasilkan nilai  terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis = 0,001 dan nilai  kriteria uji = 0,05 Terdapat pengaruh pembelajara (AIR) terhadap pemahaman konsep matematis, Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan  pembelajaran AIR lebih baik dibandingkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan  pembelajaran konvensional.

References

Alan, Usman Fauzan, dan Ekasatya Aldila Afriansyah. 2017. “Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning.” Jurnal Pendidikan Matematika 11 (1): 67–78.

Anggoro, Bambang Sri. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7 (1): 11–20.

Fauzi, Ahmad. 2018. “Human Resource Management dalam Meningkatkan Mutu Dosen PTKIS.” Attalim 1 (1).

Fitri, Selviani, dan Rukmono Budi Utomo. 2016. “Pengaruh model pembelajaran auditory, intellectually, and repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep di SMP Pustek Serpong.” JURNAL e-DuMath 2 (2).

Fitriana, Martina, dan Ismah Ismah. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kedisiplinan SisWA.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 2 (1): 59–68.

Herawati, Oktiana Dwi Putra, Rusdy Siroj, dan Djahir Basir. 2010. “Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI ipa sma negeri 6 palembang.” Jurnal Pendidikan Matematika 4 (1).

Linuwih, S., dan N. O. E. Sukwati. 2014. “Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Pemahaman Siswa pada Konsep Energi Dalam.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 10 (2): 158–62.

Muslich, Ahmad. 2019. “Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Ips Madrasah Ibtidaiyah Di Era MileniaL.” AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education 3 (2): 161–70.

Mustika, Helma, dan Nuri Kinanti. 2018. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pasir Penyu.” MES (Journal of Mathematics Education and Science) 3 (2).

Polnaya, Ghalib Agfa, dan Darwanto Darwanto. 2015. “Pengembangan ekonomi lokal untuk meningkatkan daya saing pada ukm ekonomi kreatif batik bakaran di pati, jawa tengah.” Jurnal Bisnis dan Ekonomi 22 (1).

Pujiastutik, Hernik. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Belajar Pembelajaran.” Dalam Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 13:515–18.

Putra, Rizki Wahyu Yunian. 2015. “Pembelajaran Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Kategori Pengetahuan Awal Matematis SMA.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 6 (2): 155–66.

Sandra, Lia, dan Puji Nugraheni. 2014. “Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR).” EKUIVALEN-Pendidikan Matematika 10 (1).

Saraswati, Nym Lili, I. Kt Dibia, dan I. Wyn Sudiana. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Di Gugus I Kecamatan BulelenG.” MIMBAR PGSD Undiksha 1 (1).

Sari, Eka Fitri Puspa. 2017. “Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa melalui Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 6 (1): 25–34.

Syawal, Said. 2014. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Auditory Intellectualy Repetation (Air) Dalam Meningkatkan Ketuntasan Indikator Pada Materi Persamaan Garis Lurus Di Kelas VIII MTsN Langsa Tahun Pelajaran 2012/2013.” Iain Zawiyah Cotkala Langsa.

Ungking, Nelly Wedyawati, dan Pranciska Gamilina. 2018. “Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar.” KEGURU" Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar" 2 (2): 155–62.

Wibowo, Widodo Setiyo. 2014. “Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) dalam Pembelajaran Sains untuk Membangun 4Cs Skills Peserta Didik sebagai Bekal dalam Menghadapi Tantangan Abad 21 dalam.” Dalam Seminar Nasional IPA V tahun 2014 (Scientific Learning dalam Konten dan Konteks Kurikulum 2013), 275–85.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

lestariani, diah suci. (2021). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS ; DAMPAK PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR): Pembelajaran AIR; Pemahaman konsep matematis; kepribadian Myer-Briggs. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 26–33. Retrieved from https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/61

Issue

Section

Articles