ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2301Keywords:
SPLDV, kesalahan faktual, kesalahan prosedural, analisis kesalahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Sta. Maria Goreti Lembean. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi SPLDV dan tingginya persentase peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 28 peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, yang dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis kesalahan yang umum dilakukan, yaitu kesalahan fakta (53,57%), kesalahan prosedural (46,43%), kesalahan konsep (17,86%), dan kesalahan prinsip (10,71%). Kesalahan fakta dan prosedural merupakan jenis kesalahan yang paling dominan. Temuan ini menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih menekankan pada pemahaman konsep dasar, ketelitian, serta latihan penyelesaian soal secara sistematis agar peserta didik dapat memahami dan mengaplikasikan SPLDV dengan benar/
References
Fajrin, A. (2024). Profil Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Ditinjau Dari Adversity Quotient (Aq). In Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Fitri, Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa (Studi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Kotaagung Timur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024).
Gigir, I. A. C., Tumalun, N. K., & Pakpahan, R. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Langkah Polya. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 73–84.
Hamid, A., & Zaitun, Z. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Pada Materi Spldv Di Smp Negeri Kota Pekanbaru. At-Tajdid: Journal Of Islamic Studies, 4(3), 100–108.
Lukas, I. S., Salajang, S. M., Manurung, O., & Sulistyaningsih, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Menggunakan Prosedur Polya. Marisekola: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 2(2), 53–58.
Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2619-2627.
Mutmainnah, N., Izzati, N., & Jaelani, Z. A. (2025). Peran Logika Untuk Membangun Kemampuan Siswa SMPN 2 Labuapi Dalam Berpikir Kritis. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 90-105.
Nugraha, Z. E., Subarinah, S., Wulandari, N. P., & Kurniati, N. (2023). A Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Siswa Kelas Viii. Mandalika Mathematics And Educations Journal, 5(2), 189–198.
Nugroho, B. A., Fuady, A., & Sari, F. K. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Self Regulated Learning (Srl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Di Kelas Ix Smp Tahfidz Asy-Syadzili Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2024/2025. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 20(2).
Palandeng, B. M., Tumalun, N. K., & Wenas, J. R. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Matriks Di Sma N 1 Tondano Berdasarkan Prosedur Newman. Jp3m (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 9(1), 31–39.
Paujiah, S. R., & Zanthy, L. S. (2020). Kesulitan Siswa Smp Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 280–284.
Pulukadang, R. J., Manurung, O., & Mokodompit, D. F. (2020). Profil Kreativitas Siswa Kelas Viii Smp N 1 Kalawat Dalam Penyelesaian Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Matematika. Jsme (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(1), 23–28.
Ramda, A. H., & Gunur, B. (2021). Hubungan Kecemasan Matematika Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jrpm (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 130–140.
Rantung, N. C., Tumalun, N. K., & Ermita, E. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Sma Negeri 2 Tareran. Dharmas Education Journal (De_Journal), 5(2), 1403–1412.