ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA SMP

Authors

  • Lady Amanda Polly Universitas Negeri Manado
  • Ichdar Domu Universitas Negeri Manado
  • Anetha Tilaar Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2265

Keywords:

Analisis kemampuan, Kemampuan literasi dan numerasi, Soal siswa pada siswa SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan literasi dan numerasi dalam menyelesaikan soal cerita siswa serta menganlisis kemampuan literasi dan numerasi yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 39 siswa. Data dikumpul melalui kuesioner, tes tertulis dan wawancara. dimana pada hasil kuesioner dipakai untuk mengetahui pengalaman belajar siswa sebagai data pendukung untuk melakukan tes dan wawancara secara mendalam dengan beberapa siswa, sedangkan tes tertulis untuk menentukan hasil persentase kemampuan literasi dan numerasi dan wawanca dipakai untuk mengalisis kemampuan literasi dan numerasi, dari hasil persentase tes tertulis sebanyak 5% siswa memiliki kemampuan literasi dan numerasi cukup tinggi, sebanyak 8% siswa memiliki kemampuan literasi dan numerasinya sedang dan sebanyak 87% siswa memiliki kemampuan literasi dan numerasi sangat rendah

References

Domu, Ichdar. 2023. “Student Learning Styles in Solving Math Story Problems on the Material of Two-Variable Linear Equation Systems.” 06(01):2072–82.

Domu, Ichdar. 2024. “Factors That Influence Students ’ Ability To Solve Mathematics Story Problems.” 1(3):1–9.

Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, Nur Hikmatul Auliya. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif. Vol. 5.

Kemendikbudristek. 2023. “Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022.” Laporan Pisa Kemendikbudristek 1–25.

Kraeng, Yosef Fredrik. 2021. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi 5(1):72–80. doi: 10.32505/qalasadi.v5i1.2366.

Mahmud, Muhammad Rifqi, dan Inne Marthyane Pratiwi. 2019. “Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur.” KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika 4(1):69–88. doi: 10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88.

Matondang, Khoiruddin, Risna Mira Bella Saragih, dan Leni Agustina Daulay. 2023. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa.” OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika 2(3):142–48. doi: 10.47662/jkpm.v2i3.595.

Muntaha, Agus, Teguh Wibowo, dan Nila Kurniasih. 2020. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengonstruksi Model Matematika Pada Soal Cerita.” Maju 7(2):53–58.

Ningsih, Sestia, Ida Bagus Kade Gunayasa, dan Nurul Kemala Dewi. 2022. “Pengaruh Literasi Numerasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SDN Lingkok Lima Tahun Ajaran 2021/2022.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3c):1938–43. doi: 10.29303/jipp.v7i3c.881.

Nurcahyono, Novi Andri. 2023. “Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran.” Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika 1(1):20. doi: 10.33830/hexagon.v1i1.4924.

Pulungan, Syahrina Anisa. 2022. “Analisis kemampuan literasi numerasi pada materi persamaan linear siswa SMP PAB 2 Helvetia.” Journal On Teacher Education 3(3):266–74.

Qadry, Ikhbariaty Kautsar, Awi Dessa, dan Nurul Aynul. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar.” Jurnal Matematika dan Aplikasinya 2(2):78–92.

Rusandi, dan Muhammad Rusli. 2021. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2(1):48–60. doi: 10.55623/au.v2i1.18.

Sunandar, Aditia Pramudia. 2020. “Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp.” J. Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA 4(1):113–21.

Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Polly, L. A., Domu, I., & Tilaar, A. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA SMP. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 77–85. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2265

Issue

Section

Articles