PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN GUIDED INQUIRY DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

Authors

  • Febriati Nabila Universitas Jambi
  • Dewi Iriani Universitas Jambi
  • Nizlel Huda Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2304

Keywords:

komunikasi matematis, discovery learning, guided inquiry, contextual teaching and learning (CTL)

Abstract

Kemampuan yang dibutuhkan siswa agar dapat menginterpretasikan ide matematis secara lisan dan tertulis merupakan kemampuan komunikasi matematis. Agar dapat memenuhi hal itu dibutuhkan rencana pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengkomunikasi ide dan konsep matematis serta melatih keterampilan matematis dalam menyelesaikan permasalahan. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif ini berdesain penelitian True Experimental dan memakai Posttest-Only Control Group. Seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Kota Jambi tahun ajaran 2024/2025 merupakan populasi penelitian, secara acak menentukan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi guru dan siswa terhadap keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar serta tes kemampuan komunikasi matematis. Pemrolehan data berdasarkan hasil observasi yang ditunjukkan pada lembar observasi dan hasil tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis data yang didapat dari uji one-way anova menunjukkan  yang ditolak karena nilai signifikansi sebesar 0.002 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang diberi penerapan model Discovery Learning dan Guided Inquiry yang masing-masing modelnya dipadukan pendekatan CTL mempunyai kemampuan komunikasi matematis lebih baik daripada siswa yang diberi penerapan Direct Instruction, ditunjukkan dengan rata-rata posttest kelas Discovery Learning dengan CTL adalah 70,74 dan rata-rata posttest kelas Guided Inquiry dengan CTL adalah 72,82.

References

Agustiani, S., & Jailani, J. (2023). Pengaruh pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar, kemampuan komunikasi dan berpikir kritis siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2253–2263.

Danial, M., Gani, T., & Husnaeni, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep peserta didik. Journal of Educational Science and Technology, 3(1), 18–32.

Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended learning, inovasi strategi pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0 bagi pendidikan tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 527–539.

Fahmi, A. N., Sutiarso, S., & Coesamin, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(6), 705.

Giawa, K., Ardiana, N., & Saleh, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas X SMK Negeri 1 Lumut. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 32–38.

Griffin, P., & Care, E. (2018). Assessment and Teaching of 21 st Century Skills. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7

Irawan, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Pekanbaru. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/11424

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821

Limbangan, N. A. P., Putra, B. Y. G., & Kandaga, T. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah dalam Implementasi Model Discovery Learning. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(1), 71–79.

Mulyana, V., Asrizal, A., & Mufit, F. (2021). Meta analisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 166–172.

NCTM. (2020). Standards for the Preparation of Secondary Mathematics Teachers. 1906 Association Drive.

Ningtias, S. W., & Soraya, R. (2022). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 347–355.

Nurhasanah, R. A., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah soal cerita. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 768–775.

Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode penelitian kuantitatif: Buku ajar perkuliahan metodologi penelitian bagi mahasiswa akuntansi & manajemen (3rd ed.). Widya Gama Press.

Solihat, E. H., Senjayawati, E., Fitriani, N., & Minokti, T. (2023). Penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan komukasi matematis siswa pada materi persamaan linear satu variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(2), 719–728.

Trisnani, N. (2020). Peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa SD kelas V melalui tipe pembelajaran Think Talk Write (TTW). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 92–102.

Zakeus, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Comprehensive Science, 1(4), 482–503. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.77.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Nabila, F. ., Iriani, D., & Huda, N. (2025). PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN GUIDED INQUIRY DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 348–357. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2304

Issue

Section

Articles