PENGARUH PENERAPAN OUTDOOR MODELLING MATHEMATICS BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2272Keywords:
Outdoor Modelling Mathematics, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Berpikir KreatifAbstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan untuk berpikir secara logis dan divergen guna menghasilkan hal baru. Dalam pembelajaran dibutuhkan model/pendekatan pembelajaran yang tepat sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Outdoor Modelling Mathematics berdiferensiasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Penelitian dilakukan dikelas IX SMPN 22 Kota Jambi dengan posttest-only control design dan sampel terdiri dari 2 kelas yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes Kemampuan Awal Matematis (KAM), lembar observasi dan post-test berupa tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan Outdoor Modelling Mathematics berdiferensiasi pada materi bangun ruang sisi lengkung terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX SMPN 22 Kota Jambi yang didasarkan pada nilai signifikansi sebesar 0,000 dan perolehan effect size sebesar 1,64; Kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen untuk indikator berpikir orisinal, berpikir lancar dan berpikir keterperincian berada pada tingkat sangat kreatif dan indikator berpikir luwes berada pada tingkat kreatif. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol pada indikator berpikir orisinal dan keterperincian berada pada tingkat kreatif, indikator berpikir lancar pada tingkat cukup kreatif dan indikator berpikir luwes pada tingkat kurang kreatif
References
Agustina, S. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Outdoor Learning Mathematics Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP IT An-Nur Prima T.P 2017/2018. UM Sumatera Utara.
Astria, R. T., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112–119.
Crismono, P. C. (2023). Pengaruh Outdoor Mathematich Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 160–167.
Dorisno, Ayunis, Efendi, R., & HB, Z. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. Tarbiyah Al - Aulad : Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(2).
Failani, A. D. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berdeferensiasi Dengan Pendekatan Mikir Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. UIN Walisongo.
Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1).
Gunawan, C. (2018). Mahir Menguasai SPSS (Mudah Mengolah Data dengan IBM SPSS Statistic 25). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Indarwati. S, Aisyah Nuryam, & A.M. Irfan Taufan Asfar. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, And Create (Radec) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas XI IPS Ma As`Adiyah Uloe Kabupaten Bone. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 92–103. https://doi.org/10.36277/defermat.v6i2.312
Intishar, N. N. (2018). Analisis Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Santika 4: Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Khairunnisa, K., Sari, F. F., Anggelena, M., Agustina, D., & Nursa’adah, E. (2022). Penggunaan Effect Size Sebagai Mediasi dalam Koreksi Efek Suatu Penelitian. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 5(2), 138–151.
Mariati. (2018). Penerapan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 003 Bangun Purba Tahun Pelajaran 2015/2016. Indonesian Journal of Basic Education, 1(2).
Nufus, Z. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa MTsN. UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Pajrin, N. F., Pujiastuti, E., & Sugiman, S. (2025). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Teknologi Abad-21: Berpikir Kreatif dengan Teknologi. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 22–34. https://doi.org/10.36277/defermat.v7i1.294
Pratiwi, N. I. (2024). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V. UM Mataram.
Saat, S., & Mania, S. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian : Panduan Bagi Peneliti Pemula (Muzakkir (ed.); Cet. Kedua). Gowa : Pusaka Almaida.
Saolina, Muhtarom, & Purwosetiyono, F. D. (2024). Efektivitas Penerapan Outdoor Learning Mathematics untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JRIP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 1668–1678.
Setiawati, F. N., Widadah, S., & Agustina, E. N. S. (2020). Representasi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Edukasi, 1–8.
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129.