ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IX SETELAH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL OUTDOOR MODELLING MATHEMATICS BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2274Keywords:
Kemampuan Berpikir Kreatif, pembelajaran berdiferensiasi, outdoor modelling mathematicsAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX setelah mengikuti pembelajaran dengan model outdoor modelling mathematics berdiferensiasi berdasarkan tingkat kemampuan pada materi bangun ruang sisi lengkung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah pembelajaran dengan model utdoor modelling mathematics berdiferensiasi dengan indikator kelancaran, berpikir luwes, berpikir orisinil dan elaborasi. Dimana siswa yang menjadi subjek penelitian ini kelas IX C SMP Negeri 22 Kota Jambi termasuk kedalam kategori sangat kreatif. Dimana subjek dapat mampu pada indikator kelancaran yang memuat memberikan ide dan menyelesaikan masalah yang diberikan dengan berbagai cara. Pada indikator berpikir luwes subjek mampu menafsirkan dan menganalisis masalah yang diberikan serta mampu menyelesaikan masalah dengan sudut pandang atau gagasan yang berbeda. Pada indikator berpikir orisinil siswa mampu menemukan sebuah ungkapan baru dan mampu menyelesaikan masalah setelah mendengarkan atau membaca suatu gagasan. Pada indikator elaborasi siswa mampu dalam menyelesaikan masalah dengan proses yang rinci serta telah mampu memberika tambahan stimulus sederhana agar penyelesaian menjadi lebih kompleks
References
Darwanto. (2019). kemampuan berpikir kreatif matematis. 6.
Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ipa Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 02(06), 235–239.
Kamaliah Nur Azizah, R. R. M. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 38–43.
Lisliana, Agung Hartoyo, B. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(2), 157–167.
Maulinda, F., Waskitoningtyas, R. S., & Khotimah, H. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 54–59. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.26
Moma, L. (2015). Pengambangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. 2015, 4(April), 27–41.
Poso, N. (2023). Pada Pembelajaran Biologi Di Smp. Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Saidah, Dwijanto, I. J. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2012, 1042–1045.
Santika, I. D., & Khoiriyah, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Relevansi Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1707–1715.
Sari, T. H. N. I., Khotimah, H., & Yuniarti, S. (2018). Pengaruh Model Project-Based Inquiry Learning (PIL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa SMP Di Balikpapan. INSPIRAMATIKA, 4(2), 61-76.
Sofnidar, Kamid, & Anwar, K. (2017). Desain Sintak Model Outdoor Learning Berbasis Modelling Mathematics. edumatica | Jurnal Pendidikan Matematika, 7(02), 1–10.
Susilawati, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 512–525.
Yasiro Luluk Rachmatul, Fitria Eka Wulandari, F. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pemanasan Global Berdasarkan Prestasi Siswa. 1(2), 69–72.