PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN INQUIRY LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2306Keywords:
model pembelajaran matematika, kemampuan pemahaman konsep matematis, model discovery learning, model inquiry learning, student centered learning (SCL)Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan suatu kemampuan untuk memahami, menyerap serta menafsirkan suatu kosep matematika. Dalam kegiatan pembelajaran diperlukan model pembelajaran dengan pendekatan yang sesuai agar memberikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Studi ini dilaksanakan guna mencari tahu pengaruh model discovery learning dan inquiry learning menggunakan pendekatan Student Centered Learning (SCL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi kesebangunan di kelas VII SMP Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berupa True Experimental Design. Populasi pada penelitian ini ialah semua siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Jambi dengan cluster random sampling sebagi teknik pengambilan sampel yang dipakai, dan diperoleh hasil kelas VII H, VII G, VII I sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang diterapkan yaitu soal tes dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunkan adalah uji shapiro-wilk, uji Levene’s, uji ANOVA satu arah, dan uji Tukey dengan berbantuan IBM SPSS Statistics 25. Hasil analisis ANOVA menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar 0.000, dan nilai tersebut , sehingga ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning dan inquiry learning menggunakan pendekatan Student Centered Learning (SCL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP.
References
Aiman, U. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In N. Saputra (Ed.), Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. ResearchGate, 2(May), 0–7.
Amelia Krisda, & Astuti Suhandi. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dan Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran Subtema Perubahan Bentuk Energi Kelas III Gugus Sudirman. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 06(02), 151–157. https://doi.org/10.5281/zenodo.3742727
Bariyah, H., & Fitriana, Y. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP. Mathema Journal, 6(1), 2024.
Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Konsentrasi Belajar Pada Materi Statistika Dasar. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 215–224. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.215-224
Dehong, R., Kaleka, M. B. U., & Rahmawati, A. S. (2020). Analisis Langkah-Langkah Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Fisika. EduFisika, 5(02), 131–139. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i02.10533
Hafifah Hasibuan, W., Santoso, D., & Maysarah, S. (2023). Perbedaan kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan TCL dan SCL. RELEVAN: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(2), 221–227.
Hayati, R., & Asmara, D. N. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika. Jurnal Basicedu, 5(5), 3029–3031. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/976
Hulu, P., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2023). Studi Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 152–159. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.97
Jumadi. (2022). Penerapan Student Center Learning Pada Peserta Didik Kelas 2 SD Muhammadiyah 14 Surakarta Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs), 5(5), 1143–1149.
Nur Azmi, & Rosdiana. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 2(2), 82–90. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v2i2.180
Nurhasanah, L. A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Melalui Model Flipped Classroom. Maju, 8(1), 425–441.
Rahmi, Febriana, R., & Putri, G. E. (2020). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Pemahaman Konsep Matematika dengan Menerapkan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA N 5. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27–34.
Rohayati, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. PI-MATH: Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(2), 84–95. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-mathTlp.
Sayekti, Y. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Strategi “MURDER” Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(1), 24. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i1.7348
Siswantoro, E. (2020). Pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri Dengan Model Pencapaian Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 28(1), 26–33.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Sutopo (ed.); 2nd ed.). ALFABETA.
Tanjung, I. K., Saragih, R. M. B., & Simamora, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal on Education, 6(1), 475–486. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2287