PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DAN TPS DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2307Keywords:
model pembelajaran, kemampuan penalaran matematis, model kooperatif tipe NHT, model kooperatif tipe TPS, Realistic Mathematics Education (RME)Abstract
Penalaran matematis merupakan kemampuan berpikir logis, melakukan pembuktian, serta menarik kesimpulan dari suatu permasalahan matematika. Dalam meningkatkan kemampuan ini, diperlukan model pembelajaran yang efektif salah satunya adalah model kooperatif. Tipe model kooperatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) dikombinasikan dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe NHT dan model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan RME terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan true experimental design berbentuk posttest only control group design. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Jambi sebagai populasi, dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas sampel yaitu VII A, VII B, dan VII E. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil posttest. Analisis data menggunakan One Way ANOVA menghasilkan nilai Asymp. Sig sebesar 0,004 < 0,05 yang menunjukkan bahwa diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan model kooperatif tipe NHT dan model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan RME terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP.
References
Abdullah, K. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Amin, N. et al. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 15–31.
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Penalaran Matematis: Systematic Literatur Review. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5).
Asoraya, M. S., & Ruli, R. M. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3053–3066.
Fauziah, F., & Sujarwo, I. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau Dari Persepsi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10–22.
Febriana, R. (2023). Implementasi Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. 8(1), 73–86.
Fendrik, M. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Eduaction Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SD Ditinjau Dari Kemampuan Siswa Dan Level Sekolah. Jurnal Numeracy, 8(2), 102.
Harianti, V., & Simamora, Y. (2019). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematik antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model NHT (Numbered Head Together) dengan Pembelajaran Langsung. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 32–40.
Jelatu, S., Amul, M. I., Jeramat, E., & Jundu, R. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 12–17.
Kurnia, D. et al. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Edukasi Pentingnya Belajar Matematika Dalam Kehidupan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata, 538–545.
Kurnia Sholeka, M. Zainudin, & Ali Mujahidin. (2020). Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran NHT (Numered Head Together). 1–11.
Lahamu, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 3(3), 257–269.
Nasution, E. Y. P., Fitri, N. M., & Rusliah, N. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI SMK 3 Kota Sungai Penuh dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Matriks. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 4(1), 9–16.
Palupi, R., & Prasetya, A. (2022). Pengaruh Implementasi Content Management System Terhadap Kecepatan Kinerja Menggunakan One Way Anova. 74–79.
Putri, D. et al. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357.
Saragih, R. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah Pada Siswa SMP. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, P. et al .(2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 3-12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1