Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman

Authors

  • Sindi Maharani Mauji Unniversitas Muhamadiyah Sukabumi
  • Yanti Mulyanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Novi Andri Nurcahyono Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.44

Keywords:

Analisis Kesalahan, Teori Newman.

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa serta solusi untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tempat dilaksanakan penelitian ini yaitu di SMK Negeri 3 Kota Sukabumi. Pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Busana Butik SMK Negeri 3 Kota Sukabumi yang terdiri enam orang siswa dengan teknik pengambilan subjek secara purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verivikasi. Setelah data dianalisis kemudian data divalidasi dengan keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi teknik, yaitu dengan membandingkan hasil dari jawaban tes diagnostik siswa pada soal tes dan hasil wawancara pada subjek. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah jenis kesalahan membaca yang dilakukan subjek penelitian pada kesalahan membaca mencapai 3%. Jenis kesalahan pemahaman yang dilakuan oleh subjek mencapai 27%, kesalahan transformasi yang dilakukan subjek mencapai 12%, jenis kesalahan keterampilan yang dilakukan subjek mencapai 20%. Dan jenis kesalahan yang sering dilakukan subjek adalah jenis kesalahan kesimpulan mencapai 38%. Faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu faktor internal atau faktor yang ada pada dalam diri siswa seperti kurangnya ketelitian dalam menyelesaikan soal, lupa rumus, kelelahan karena selesai praktikkum, dsb. Solusi untuk kesalahan siswa yaitu dengan cara sering memberikan soal yang beragam dan bervariasi tentang materi trigonometri, kemudian guru membimbing dan melatih keterampilan siswa dan ketelitian siswa dan dilatih membiasakan siswa dalam menyelesaikan soal secara sistematis, lalu dibahas bersama agar pemahaman subjek penelitan lebih baik lagi, sehingga akan membuat siswa terbiasa menentukan rumus atau konsep dengan tepat.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
__________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ahmadi, A., dan Supriyono, W., 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Andriani, T., Suastika, I., & Sesanti, N. (1). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 34-39.
Andriyani, W. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bojonggenteng dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Berdasarkan Jenis Kesalahan Watson. Skripsi Strata Satu pada FKIP UMMI Sukabumi: tidak diterbitkan.
Arifin, Z. 2014. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Rosdakarya.
Clements, M. A. 1980. Analysing Children’s Errors on Written Mathematical Tasks. Educational Studies in Mathematics.
Effendi, M. M. (2013). Pengembangan Kurikulum Matematika sebagai Mata Pelajaran Adaftif Program Tata Busana SMKN 3 Probolinggo. Jurnal Penelitian Pendidikan 1412-565X Edisi khusus Februari 2013 hal 43-60.
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Irham, M., dan Wiyani, N. A. 2013. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Istiqomah, Nurul. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan soal Matematika siswa kelas XI Tamtama Karanganyar Tahun ajaran 2013/2014. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4. No 2. Juli 2016.
Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Newman, A.(1977). Newman Promt. Dari http://www.curriculumsupport. education. nsw.gov.au/Secondary/ mathematics/numeracy/ newman/ index.htm.
Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis Of Mathematic Performance Of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. CICE Hiroshima University. Journal of International Cooperation in Education, Vol.9, No. 1.
Putri, Bibiana. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X.2 SMA Stella Duce Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 dalam Menyelesaikan Masalah Nyata Materi Trigonometri. Skripsi Strata Satu pada FKIP USD Yogyakarta: tidak diterbitkan.
Satori, D. dan Komariah, A. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Singh, et al., (2010). The Newman Procedure For Analyzing Primary Four Pupils Errors On Written Mathematical Task A Malaysian Perspective. Procedia Social and Behavioral Science 8, University Teknologi MARA.
Sugihartono, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni. V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.
Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
Widodo, SA. (2013). Analisis Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi tipe Membuktikan pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 46, Nomor 2, Juli 2013.
Widodo, S.A., & Sujadi, A.A. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Trigonometri. Jurnal Sosiohumaniora, Vol 1, No 1, April 2015.
White, A.L. (2005). Active Mathematics in Classroom: finding Out Why Children Make Mistakes And Then Doing Something To Help Them. Jurnal of Square One. 15. (4). 15-19

Downloads

Published

2020-01-27

How to Cite

Mauji, S. M., Mulyanti, Y., & Nurcahyono, N. A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 77–82. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.44

Issue

Section

Articles