PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Fitri Maulinda Universitas Balikpapan
  • Rahayu Sri Waskitoningtyas Universitas Balikpapan
  • Husnul Khotimah Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.26

Keywords:

kemampuan berpikir kreatif, disiplin belajar, hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan dan parsial pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Balikpapan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan ex post facto. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Balikpapan yang berjumlah 284 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 77 siswa, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner disiplin belajar () 20 pernyataan, tes kemampuan berpikir kreatif () 4 soal uraian materi trigonometri, dan tes hasil belajar (Y) 5 soal uraian materi trigonometri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Persamaan regresi yang diperoleh Y= 20,322 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan dan parsial pada kemampuan berpikir kreatif dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Balikpapan tahun ajaran 2017/2018.

References

Firdaus, Rahman, A., & Qohar, A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open Ended Pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan , I (2), 227-236.

Moenir. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmazatullaili, Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Beta , X (2), 166-183.

Ra'ufuatun, I. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Ips , IX (3), 1268-1276.

Rochani, S. (2016). Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dan Penemuan Terbimbing Ditinjau Dari Hasil Belajar Kognitif Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika , III (2), 273-283.

Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan Matematika , IV (1), 37-48.

Tirtiana, C. P. (2013). Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, dan Linkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akutansi Pada Siswa Kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal , II (2).

Tu'u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siwa. Jakarta: Grasindo.

Winulang, A., & Subkhan. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar, Gaya Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Solihin Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal , IV (1), 185-193.

Downloads

Published

2018-12-09

How to Cite

Maulinda, F., Waskitoningtyas, R. S., & Khotimah, H. (2018). PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 54–59. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.26

Issue

Section

Articles