PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS 8 SMP NEGERI 11 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.480Keywords:
Model Pembelajaran Matematika, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Teams Games Tournament (TGT)Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan siswa untuk memahami suatu teori dan konsep materi. Dalam kegiatan belajar dibutuhkan model pembelajaran yang menyenangkan sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi persamaan garis lurus pada kelas 8 SMP Negeri 11 Balikpapan. Pendekatan penelitian yang digunakan, yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental. Populasi pada penelitian ini ialah kelas 8 SMP Negeri 11 Balikpapan dengan teknik sampling yang digunakan ialah cluster random sampling dan mendapatkan hasil kelas 8F dan 8G sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji Mann Whitney U dengan berbantuan IBM SPSS Statistics 25 yang menghasilkan nilai Asym. Sig, yaitu 0,000. Karena nilai Asym Sig 0,000 < 0,05, maka ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi persamaan garis lurus kelas 8 SMP Negeri 11 Balikpapan tahun ajaran 2023/2024
References
Anih, E. (2020). Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp-It Alamy Subang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(Vol 5 Nomor 2 Desember 2020), 221–228. https://doi.org/10.23969/jp.v5i2.3534.
Anih, E., & Nurlaela. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament Untuk Pencapaian Kemampuan Konsep Matematika Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, VI(1), 102–111. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.116.
Arifin, F., Fadilah, Z., & Widiyanto, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 98. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i2.3873.
Atmaja, I. M. D. (2021). Koneksi Indikator Pemahaman Konsep Matematika Dan Keterampilan Metakognisi. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2048–2056. https://doi.org/https://doi.org/10.31604/jips.v8i7.2021.2048-2056
Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108.
Daimah, U. S., & . S. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. Sepren, 4(02), 131–139. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.888.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033.
Fadila, P. N., Kesumawati, N., & Sukardi, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1474–1481. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5153.
Legista, A., Shofia, H., Pasaribu, M. B., Agustina, M. D., Juin, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas X SMK Adi Luhur. Konstanta: Junal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 349–360. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/konstanta.v2i1.2466.
Rafianti, I., Iskandar, K., & Haniyah, L. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 97. https://doi.org/10.31331/medivesve.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
Tahir, H. (2022). Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Pada Siswa Kelas VIII MTS Ponpes Alkhairaat Paguat Tahun Pelajaran 2018/2019. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 449. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.449-460.2022.
Ruqoyyah, Siti., Sukma Murni., & Linda (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Resiliensi Matematika dengan VBA Mifrosoft Excel. Purwakarta: CV Tre Alea Jacta Pedagogie.
Ulfia, T., & Irwandani, I. (2019). Model Pembelajaran Kooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT): Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 140–149. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.4220.
Yolanda, Dilla Desvi. (2020) Pemahaman Konsep Matematika dengan Metode Descovery. Jakarta Timur: Guepedia.