FACTORS THAT INFLUENCE LEARNING MATHEMATICS
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.56Keywords:
factors, learning, mathematicsAbstract
Salah satu mata pelajaran yang cukup sulit dan penting menurut siswa adalah matematika. Berdasarkan hal ini maka perlu adanya penelitian untuk mengatahui faktor-faktor yang memengaruhi belajar matematika siswa terutama tingkat SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif berupa data skor rata-rata dari setiap item kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa skor rata-rata tertinggi yang diperoleh yaitu berkaitan dengan guru. Menurut siswa SMA, keakraban guru dengan siswa merupakan faktor yang sangat memengaruhi belajar matematika. Sedangkan faktor yang memperoleh skor rata-rata terendah yaitu keadaan ekonomi keluarga.
References
Arianti, F. (2017). Pengaruh Rehearsal (Pembelajaran Berulang) Dan Interferensi (Gangguan Pembelajaran) Terhadap Retensi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kab. Gowa. 2017: UIN Alauddin Makassar.
Asma, A. A., & Norman, R. (2012). Understanding Mathematics: Some Key Factors. European Journal of Educational Research, 283-299.
Boruvkova, R., & Emanovsky, P. (2016). Small Group Learning Methods And Their Effect on Learners' Relationships. Problems Of Education In The 21st Century, 45 - 58 .
Caryono, S., & Suhartono. (2012). Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Matematika Di SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (hal. 819 - 826). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Davadas, S. D., & Lay, Y. F. (2018). Factors Affecting Student's Attitude Toward Mathematics: A Structural Equation Modeling Approach. Eurasia, 14(1), 517-529.
Dina, A., & Mudjiran. (2018). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52 - 60.
Intisari. (t.thn.). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 62 - 71.
Jihad, A., & Abdul, H. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kustiyani, L., Susanto, & Setiawani, S. (2015, I). Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa MA Nahdlatul Arifin Ambulu Jember. Artikel Ilmmiah Mahasiswa, hal. 1 - 6.
Manurung, S. H. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa MTs Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. Jurnal EduTech, 1(1), 1-16.
Mokhtar, S. F., Yusof, Z. M., & Misiran, M. (2012). Factors Affecting Students' Performance in Mathematics. Journal of Applied Sciences Research, 8(8), 4133-4137.
Sidiq, I. A. (2016). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Gajah mada Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Silao, I. V. (2018). Factors Affecting the Mathematics Problem Solving Skills of Filipino Pupils. International Journal of Scientific and Research Publications, 8(2), 487-497.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, (hal. 224 - 232). Semarang.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiman. (2015). Peran Guru Matematika Dalam Mewujudkan Siswa Yang Konstruktif Melalui Pemecahan Masalah. Seminar Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika (hal. 9 - 18). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Tilaar, A. L. (2010). Dampak Penugasan Guru Dalam Pembelajaran Terhadap KEsuksesan Siswa DAlam Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 122 - 129.
Wahyuni, D. (2005). Pengaruh Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar Dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas II MA Al Asror Gunung Pati Tahun Pelajaran 2004/2005. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Willis, S. S. (2015). Berbagai Masalah yang Dihadapi Siswa dan Solusinya. Bandung: Alfabeta.
Wulansari, S. I., Ainy, C., & Suprapti, E. (2017). Pengaruh Guru Matematika Idola Terhadap Hasil Belajar Siswa Secara Tidak Langsung Melalui Motivasi Belajar Matematika Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 103 - 114.