PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Dina Astuti Universitas Balikpapan
  • Ganjar Susilo Universitas Balikpapan
  • Tri Hariyati Nur Indah Sari

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.25

Keywords:

konsentrasi belajar, kemandirian belajar, dan hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Balikpapan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi penelitian yaitu 294 siswa yang melibatkan 76 siswa sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner konsentrasi belajar, kuesioner kemandirian belajar dan tes hasil belajar matematika. Analisis data dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada uji F nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 = yang berarti terdapat pengaruh konsentrasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. Selain itu, pada uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 = yang berarti terdapat pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Balikpapan tahun ajaran 2017/2018 dan terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018.

References

Ariefiani, M. N. (2013). Hubungan Disiplin dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengolahan Makanan Indonesia 1 di SMK Negeri 9 Padang. Jurnal Elektronik Universitas Negeri Padang, II(1), 1-14.

Budiyono. (2016). Statistik Untuk Penelitian. Surakarta: UNS (UNS Press).

Ditasari, R. D., & Masykur, A. M. (2014). Hubungan antara Kesesakan dengan Konsentrasi Belajar pada Siswa SMP Negeri 6 Semarang. Karya Ilmiah S1 Fakultas Psikologi Undip, III(3), 1-10.

Fauzan, F., & Mudiantono. (2015). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan dan Lokasi terhadap Minat Terus sebagai Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Kost Sekitar Tembalang Dalam Empat Wilayah. Jurnal Diponegoro, IV(1), 1-13.

Ihsan, H. (2015). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, XIII(2), 266-273.

Irachmat, M. R. (2015). Peningkatan Perhatian Siswa pada Proses Pembelajaran Kelas III Memalalu Permainan Icebreaking di SDN Gembongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, II(4), 1-7.

Malaw, I., & Tristiar, A. A. (2013). Pengaruh Konsentrasi dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Manisrejo I Kabupaten Magetan. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, III(2), 118-131.

Muqowim. (2012). Pengembangan Soft Skills guru. Yogyakarta: Pedagogia.

Prayuda, R., Thomas, Y., & Basri, M. (2014). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, III(8), 1-10.

Rahmagari, A. (2014). Hubungan Tanggung Jawab Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 dan 5 Peserta Homeschooling. Retrieved 5 27, 2018, from Universitas Indonesia Librabry: http://www.lib.ui.ac.id/naskahri ngkas/2017-04/S57210-Ambar%20Rahmagari

Rahmawati, D. A. (2014). Perbandingan Tingkat Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar Dilihat dari Kebiasaan Makan Pagi. Early Childhood Education Papers, III(1), 30-37.

Rahmiasari, A. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, V(6), 1-21.

Setyadharma, A. (2010). Uji Asumsi Klasik dengan SPSS 16.0. Retrieved Mei 12, 2018, from Jurusan Pendidika Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta: http://pendidikan-akuntansi.fe.uny.ac.id/sites/pendidikan-akuntansi.fe.uny.ac.id/files/Uji-Asumsi-Klasik-dengan-SPSS-16.0-unprotected.pdf

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutedjo, H. (2015). Uji Asumsi Klasik. Retrieved Maret 16, 2018, from Universitas Gunadarma Staffsite: http://sutedjo.staff.gunadarma.ac .id/Downloads/files/55082/Uji+ Asumsi+Klasik+12.docx

Suyono. (2015). Analis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Syahriani. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization. Biotek, V(1), 69-86.

Syarifuddin, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Ta'dib, XVI(1), 113-136.

Tahar, I. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, VII(2), 91-101.

Telussa, A. M. (2013). Penerapan Analisis Korelasi Parsial untuk Menentukan Hubungan Pelaksanaan Fungsi Manajemen Kepegawaian dengan Efektivitas Kerja Pegawai (Studi Kasus pada Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Maluku). Jurnal Barekeng, VII(1), 15-18.

Yenti, R., Akhirmen, & Natassia, R. (2015). Pengaruh Konsentrasi, Kemandirian dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Kelas X pada Mata Pelajaran Eekonomi di SMAN 1 Lengayang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STIKIP PGRI Sumatra Barat, II(3), 1-9.

Yulia, P.,& Navia, Y. (2017). Hubungan Disiplin dengan Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pythagoras, VI(2), 100-10

Downloads

Published

2018-12-09

How to Cite

Astuti, D., Susilo, G., & Sari, T. H. N. I. (2018). PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 42–53. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.25

Issue

Section

Articles