ANALISIS KESULITAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BALIKPAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT TAHUN AJARAN 2014/2015

ANALISIS KESULITAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BALIKPAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Ganjar Susilo Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.19

Keywords:

kesulitan belajar, persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMA Negeri 8 di Kota Balikpapan dalam menyelesaikan permasalahan tentang persaman kuadrat dan fungsi kuadrat serta mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kurang mampu dalam menyelesaikan permasalahan tentang persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat. Metode penelitian mengunakan pendekatan kualitatif, subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Balikpapan. Hasil penelitian ini siswa tidak mampu menyelesaikan permasalahan persamaan kuadrat yang telah disusun serta menggunakan cara penyelesaian yang tidak benar walapun jawaban yang diberikan benar. Siswa mampu memahami dengan baik  masalah persamaan kuadrat yang memiliki akar-akar yang nyata atau riil. Siswa tidak mampu memahami dan menyelesaikan masalah persamaan kuadrat dan menyusun persamaan kuadrat barunya. Siswa tidak mampu melukiskan fungsi kuadrat dan menentukan sumbu simetri dari fungsi kuadrat yang diketahui. Siswa tidak mampu memhami dan menentukan koordinat titik ekstrem atau koordinat titik balik dari fungsi kuadrat yang diketahui. Kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran matematika yang diberikan dikarenakan menganggap pelajaran matematika pelajaran yang susah dipahami serta tidak adanya keinginan  siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan oleh guru.

References

Anurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.
Hurlock, E. B. (1997). Perkembangan Anak. (M. M. Tjandrasa, & M. Zarkasih, Penerj.) Jakarta: Erlangga.
Jamaris, M. (2014). Kesulitas Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Marlina, L. (2013). Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Tadulako , 43-52.
Omrod, J. (2003). Educational Psychology. Boston: McGrow Hill Book Company.
Prianggono, A., Riyadi, & Triyanto. (2013). Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dalam Pemecahan Masalah dan Pengajuan Masalah Matematika Pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pembelajaran Matematika , 133-142.
Rahajeng, R. (2005, 11 11). Portal Garuda. Dipetik 1 10, 2015, dari Portal Garuda: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=116705&val=5326
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Unutk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya. Indonesia Mathematical Society Journal on Mathematics Education , 11-16.
Sugihartono, Fathiyah, K. N., Setiawati, F. A., Harahap, F., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2018-12-09

How to Cite

Susilo, G. (2018). ANALISIS KESULITAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BALIKPAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT TAHUN AJARAN 2014/2015: ANALISIS KESULITAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BALIKPAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT TAHUN AJARAN 2014/2015. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.19

Issue

Section

Articles