EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN FPB DAN KPK PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2260Keywords:
Learning effectiveness, FPB, KPK, Mathematics, Contextual learningAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menelaah beberapa sumber seperti jurnal, artikel iliah, dan buku yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pendekatan kontekstual meliputi kualitas materi pembelajaran, kemampuan guru, keterlibatan aktif siswa, ketersediaan sumber daya, kemampuan awal siswa, dan koneksi yang kuat antara konsep FPB dan KPK dengan kehidupan nyata siswa. Dengan demikian, pendekatan kontekstual memberikan dampak positif terhadap pembelajaran FPB, meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar dan membantu mereka mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari
References
Ariska, T. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V pada Materi KPK dan FPB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 3(1), 36-42.
Azha, K. F., Fadillah, O. A., Husni, N. N., Muna, R. A., Pratama, S., & Saragih, D. I. (2025). Tingkat Kesulitan Siswa Kelas 4 SDN 060857 Kecamatan Medan Tembung dalam Mengerjakan Soal KPK dan FPB Berbasis Cerita. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(3), 4985-4992.
Efendi, Firmansah Koesyono. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Berbantuan Media Teknologi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Tema Makanan Sehat Murid Sekolah Dasar Gugus 29 Campaga Loe Kabupaten Bantaeng. Journal on Teacher Education 2 (2): 58–65.
Halean, H., Pitoy, C., & Mangobi, J. U. L. (2021). Penerapan Model PBL dengan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Matematika Materi PLDV. MARISEKOLA:Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 2(1), 9–12.
Hastuti, I. D., Surahmat, S., & Sutarto, S. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Mataram: LPP Mandala.
Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 95–105.
Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa'adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi dan teori pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20-31.
Riska Afferi Yanti, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Griya Cendikia, 7(2), 660–669.
Sara, A.S., Astuti, R., & Haryadi R. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi KPK dan FPB melalui Rosedurnewman ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa di Kelas VII MTS Mujahidin Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 4(1), 365-376.
Setiawan, B., & Hendri, L. (2019). Pendekatan Ctl dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 21-25.
Sianipar, R. A., Siregar, N. H., Aulia, Y., Pohan, S. J., & Tarigan, Y. (2025). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Pelajaran KPK DAN FPB. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(3), 5704-5710.
Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57.
Syapaah, A., Fatikhah., Maula, M., Robiyah, S., Rasilah. (2024). Model Pembelajaran Kontekstual pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif., 5 (7), 73-79.
Tazkiah, D., & Unaenah, E. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep FPB dan KPK Dengan Pendekatan Rme Kelas 4 Sekolah Dasar National Global School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5118-5124.
Unaenah, E., Anggita, D. A., Nusaibah, F., & Gunawan, A. F. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi FPB dan KPK Siswa Kelas IV. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(3), 1–10.
Yanti, W. T., & Fauzan, A. (2021). Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Topik Mengenal Bilangan untuk Siswa Lamban Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6367-6377.
Yantomaisuardi, Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi KPK dan FPB dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kontekstual di Kelas VI SD Negeri 174/X Tri Mulya. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 65-73.
Yensy, N. A. (2020). Metode alternatif menentukan KPK dan FPB suatu bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 107-114