ANALISIS TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MEMBANTU PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Cici Aulia Rahmania Universitas Pendidikan Indonesia
  • Firliana Navani Shalsabilla Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gita Aprilia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Khadijah Khansa Syahira Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ravina Azhar Alfiyyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hafiziani Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2254

Keywords:

Teori belajar, kognitif, pembelajaran matematika

Abstract

Artikel ini membahas mengenai penerapan teori belajar Jerome Bruner dalam konteks pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Teori Bruner menekankan pentingnya pemahaman kognitif melalui tiga tahap pembelajaran yaitu enaktif, ikonik, dan simbolik. Dalam penelitian ini, kami melakukan studi pustaka untuk menganalisis bagaimana pendekatan ini dapat membantu peserta didik dalam memahami dan mengaplikasikan satuan panjang dengan lebih efektif. Melalui pengumpulan dan analisis literatur yang relevan, kami menemukan bahwa penerapan teori Bruner dapat mendorong peserta didik untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses belajar. Hasil penelitian ini merekomendasikan integrasi teori belajar Bruner dalam kurikulum matematika untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

References

Andayani, L. (2022). Meningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif melalui Implementasi Teori Belajar Bruner Pada Siswa Kelas VI. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(3), 434-437.

Anggraeni, E. D., & Dewi, N. R. (2021, February). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 4, Pp. 179-188).

Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 2415-2422.

Arafah, A. A., Sukriadi, S., & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 358-366.Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87-97.

Arifin, M. F. (2020). Kesulitan belajar siswa dan penanganannya pada pembelajaran matematika sd/mi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 989-1000.

Astuti, H. S. M. T. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme. Universitas Negeri Makassar.

Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-16. Doi: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1081

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan guru pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142-148.

Hartati, L., & Indrawati, F. (2019). Analisis Kemampuan Awal dan Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(02), 50-63.

Hasanah, N., Darmayanti, R., & Sah, R. W. A. (2022). Teori Belajar Bruner Dan Dienes.

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori kognitif bruner dalam pembelajaran matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87-97.

Hawa, S. (2014). Teori Belajar Bruner. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, 1-19.). Teori Belajar Bruner. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, 1-19.

Lastini, F., Haryanti, S., Sumardjoko, B., & Fauziati, E. (2024). Implementasi teori perkembangan kognitif bruner pada pembelajaran matematika tentang perkalian di kelas ii sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 478-494.

Lestari, D. A., Rahmawati, I. A., & Fauzi, M. R. (2023). Penerapan teori belajar Bruner dalam pembelajaran matematika siswa kelas VI SD IT Salsabila 8 Pandowoharjo. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1-13.

Sufri, M. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: 72.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.

Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar Dengan Teknologi Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475-1486.

Mytra, P., Asrafiani, A., Budi, A., Hardiana, H., & Irmayanti, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Matematika. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 45-54.

Ndoen, E. (2021). Aplikasi Teori Jerome Brunner dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Geometri Matematika Kelas III SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2391-2400.

Ningsih, R. P., Syahrilfuddin, S., & Lazim, L. (2020). Penerapan Teori Jerome Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv B Sd Negeri 158 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1-10.

Nugrahwidi, E. D., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Peningkatan Penguasaan Konsep Geometri Matematika Berdasarkan Teori Belajar Bruner Pada Siswa Kelas IV SD. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3(2), 105-113.

Nurhayati, N., Arifin, Z., & Damayanti, R. (2024). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bilangan Pecahan di Kelas VII SMPI Nurul Hidayah Kuripan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5).

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi teori perkembangan kognitif jean piaget dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153-162.

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68-84.

Rajagukguk, W. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Penerapan Teori Belajar Bruner Pada Pokok Bahasan Trigonometri Di Kelas X Sma Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan TA 2009/2010. VISI (Majalah Universitas HKBP Nommensen), 19(01).

Safari, Y., & Inayah, Y. (2024). Penerapan Teori Bruner Dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 3(1), 156-164 doi: https://doi.org/10.572349/seroja.v3i1.1815

Safitri, N. A. (2021). Buku Siswa Senang Belajar Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 (Perspektif Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Safitri, N., Karma, I. N., & Fauzi, A. (2024). Analisis Penerapan Teori Belajar Bruner Berbantuan Media Kantong Hitung Pada Operasi Bilangan Cacah Penjumlahan Pengurangan Kelas I Sdn 10 Mataram. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(3), 214-221.

Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., & Safitri, T. (2020). Teori Brunner pada konsep bangun datar sekolah dasar. Nusantara, 2(2), 327-349.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Rahmania, C. A., Shalsabilla, F. N., Aprilia, G. ., Syahira, K. K., Alfiyyah, R. A., & Putri, H. E. (2025). ANALISIS TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MEMBANTU PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 10–21. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2254

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)