ANALISIS PEMBELAJARAN BERMAKNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISTEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2255Keywords:
Pembelajaran bermakna, kemampuan sistematis, pecahanAbstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Sebagai bagian krusial dalam dunia pendidikan, siswa diharapkan mampu berpikir secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran bermakna dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir sistematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal pecahan pada jenjang kelas tinggi di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara terbuka. Subjek penelitian meliputi satu guru dan satu siswa kelas tinggi sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memperlihatkan tanda-tanda berpikir sistematis saat mengerjakan soal pecahan, dengan kecenderungan mengikuti langkah-langkah yang sama setiap kali menyelesaikan soal. Namun, sayangnya fakta lapangan menyatakan bahwa kemampuan sistematis matematika peserta didik tergolong rendah, oleh karena itu diadakannya penelitian ini sebagai salah satu pemecahan masalah. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yakni pembelajaran bermakna dapat dikatakan efektif sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan sistematis siswa dalam menyelesaikan soal pecahan di kelas tinggi sekolah dasar.
References
Afidati, M. , ., & Nur Malasari, P. (2023). PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERMAKNA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI KOGNITIVISME. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education.
Afidati, M. , & Malasari, P. N. (2023). Pembelajaran Matematika yang Bermakna Menggunakan Pendekatan Teori Kognitivisme. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 67–77.
Amit, A., & Mentser, S. (2021). Supplemental Material for Distinguishing Deliberate From Systematic Thinking. Journal of Personality and Social Psychology, 120(3), 765–788. https://doi.org/10.1037/pspp0000284.supp
Darmayanti, N. (2023). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, , 5(1).
Ekawati, M. (2019). TEORI BELAJAR MENURUT ALIRAN PSIKOLOGI KOGNITIF SERTA IMPLIKASINYA DALAM PROSES BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. E-Tech, 7(2). https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Hafidzhoh Al Marah Kholifah, Madani Nadia Nisa, Aulia Zahra, & Setiabudi, D. (2023). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Pada Pembelajaran Tematik. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(1), 390–397.
Islami Hujjatul Fahmi. (2021). KAJIAN LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING).
Kania, N., & Ratnawulan, N. (2022a). Kompetensi matematika: Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menurut-polya. In Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME) (Vol. 1, Issue 1). https://journals.eduped.org/index.php/jrsme
Kania, N., & Ratnawulan, N. (2022). Kompetensi matematika: Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menurut-polya. In Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME) (Vol. 1, Issue 1). https://journals.eduped.org/index.php/jrsme
Mitra, S. N. , Qomariyah, S., & Rahmawati, S. (2023). Peran Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Berpikir Sistematis Pada Siswa Di SMP Islam Hegarmanah Sukabumi. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, , 3(1), 84–103.
Muamanah Hidayatul. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Balajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 161–180. https://doi.org/https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1329
Purwati, N. K. R. (2023). Belajar Matematika Sebagai Aktivitas Bermakna. Prosiding Senama Pgri, 2, 44–49.
Raihan, D. , Nisa, H. , & Wibowo, S. W. (2025). Analisis Kesiapan Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Bermakna Kepada Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Sd. Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan.
Shobihah Siti Salma, Fakhruddin Agus, & Firmansyah Iman Mokh. (2024). Implementasi Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning) dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Mutiara Bunda. Allama: Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(1), 57–74.
Supriadi, S., & Rosyadi, I. K. (2022). Determination of Systematic Thinking and Graduate Quality: Analysis of Human Resource Quality and Competence. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 3(3), 2721–3021. https://doi.org/10.38035/dijefa.v3i3
Tamur, M. , B., Pantaleon, K. V. , Apriani, M. S. , Jehadus, E. , Lakapu, M. , Gahung, A. , & Prasetyo, D. A. (2022). Pendampingan Guru Matematika Pada Kelompok Sinar Harapan Dalam Menggunakan Geogebra Terintegrasi Kearifan Lokal. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4943–4954.
Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211.
Zahra, A. A., & At-Taqiyyah, A. K. (2024). Mengukur Kemampuan Kognitif Tingkat Tinggi dengan Pertanyaan Pilihan Ganda. Jurnal Pelita Nusantara, 1(4), 462–470. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i4.336
Zhang, L., Junjie, S., Tim, P., & Leslee, F. P. (2020). Supporting Primary Students’Learning Of Fraction Conceptual Knowledge Through Digital Games. Journal Of Computer AssistedLearning, 36(4), 48–540