PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS RUMAH PANGGUNG MINAHASA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2297Keywords:
augmented reality, bangun ruang sisi datar, etnomatematika, LKPD, rumah panggung MinahasaAbstract
Pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang sisi datar masih rendah karena pendekatan pembelajaran yang abstrak dan kurang kontekstual. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis rumah panggung Minahasa yang mengintegrasikan budaya lokal dan teknologi augmented reality (AR) untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tondano. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket, lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan LKPD yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata kepraktisan sebesar 3,38 dan tergolong praktis. LKPD ini dinilai mudah digunakan, menarik, dan membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Konteks budaya lokal serta dukungan AR terbukti meningkatkan keterlibatan dan pemahaman spasial siswa. LKPD ini layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika yang kontekstual dan bermakna.
References
Anggraena, Y. (2019). Pengembangan Kurikulum Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Penalaran Dan Pemecahan Masalah. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 15–27. https://do i.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.15-27
Billinghurst, M., Clark, A., & Lee, G. (2015). A Survey of Augmented Reality. Foundations and Trends® in Human–Computer Interaction, 8(2–3), 73–272. https://doi.org/10.1561 /1100000049
Bulegalangi, S. V, Regar, V. E., & Kaunang, D. F. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis RME pada Materi Fungsi Kelas VIII di SMP Negeri 3 Tondano. 5(1), 50–59.
Bulu, V. R., Koroh, T. R., Bangsa, U. C., & Cendana, U. N. (2022). Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. 3(17), 139–149.
Dewi, K. S., Hadi, M., & Wildaniati, Y. (2022). Pengembangan Lkpd Geometri Berbasis Etnomatematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 3(1), 28. https://doi.org/10.32332/linear.v3i1.4816
Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301–310. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.663
Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Berpikir Kreatif Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 24–33. https://doi.o rg/10.29303/jpft.v3i1.319
Ivana, M., Saryantono, B., & Rahmawati, F. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Etnomatematika Dengan Motif Tapis Lampung Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 20 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bandar Lampung. https://doi.o rg/https://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/matematika/article/download/53/39
Kaunang, D. F., Mantiri, J., Mangelep, N. O., & Manado, U. N. (2018). Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Kearifan Lokal Minahasa Untuk Siswa Smp. Frontiers: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1, 223–230. https://doi.o rg/10.36412/frontiers/001035e1/agustus201801.11
Maryanih, M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Memahami Konsep Kubus Balok. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 751. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p751-758
Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Menggunakan Metode Diskusi Kelompok. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https:// doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854
Nieveen, N. (2007). Formative evaluation in educational design research. In N. Plomp, Tjeerd; Nieveen (Ed.), An introduction to educational design research (pp. 89–102). SLO (Netherlands Institute for Curriculum Development). https://sl o.nl/publish/pages/2904/educational-design-research-part-a.pdf
Pambudi, M. H., Suyitno, A., & Mastur, Z. (2022). Development of Application Based on Augmented Reality to Improve Student’s Spatial Ability. Jurnal Didaktik Matematika, 9(2), 314–327. https://doi.org/10.2 4815/jdm.v9i2.25936
Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education (IJSME), 02(1), 84–97. https://ejournal.rade nintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/3975
Rizky, R., Zainuddin, M., & Murdiyah, S. (2022). Pengembangan LKPD Melalui Video Interaktif Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi dengan Penguatan Karakter Semangat Kebangsaan Kelas V SDN. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 933–943. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p933-943
Rosa, M., & Orey, D. (2016). Humanizing Mathematics through Ethnomodelling. Journal of Humanistic Mathematics, 6(2), 3–22. https://doi.org/10.5642/jhummath.201602.03
Sahara, A. I. R., & Nurfauziah, P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahap Berfikir Van Hiele. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 911–920. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.911-920
Sartika, Nasaruddin, & Firman. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistik Budaya Lokal Rongkong Sulawesi Selatan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(4), 221–232. https://doi.org/10.5 8230/27454312.115
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Indiana University. https://files.eri c.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf
Waleleng, G. J. (2016). Makna Simbol Pada Rumah Adat Etnik Minahasa. Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan, 2, 168–169.