PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL)

Authors

  • Meisy Mariani Ngantung Universitas Negeri Manado
  • Anetha Lyta Flora Tilaar Universitas Negeri Manado
  • Ermita Ali Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2278

Keywords:

Instrumen Asesmen, Transformasi Geometri, Teaching at the Right Level (TaRL), Pengembangan, Validitas, Reliabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen pembelajaran matematika pada materi transformasi geometri dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen asesmen yang dikembangkan berupa soal uraian berbasis paper-based yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman peserta didik. Hasil validasi dari ketiga validator menunjukkan bahwa instrumen masing-masing berada pada kategori “Sangat Layak”, “Layak”, dan “Sangat Layak”. Uji coba dilakukan dua kali untuk menilai efektivitas instrumen, baik dari segi validitas dan reliabilitas secara empiris, maupun dari kemampuannya dalam memetakan tingkat pemahaman siswa sesuai pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Analisis butir soal menunjukkan bahwa instrumen memiliki validitas dan reliabilitas yang baik. Dengan demikian, instrumen asesmen ini layak digunakan sebagai alat bantu evaluasi dalam pembelajaran matematika berbasis pendekatan TaRL untuk meningkatkan pemahaman siswa secara optimal sesuai dengan tingkat kemampuannya

References

Albab, I. U., Hartono, Y., & Darmawijoyo, D. (2014). Kemajuan belajar siswa pada geometri transformasi menggunakan aktivitas refleksi geometri. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3).

Andani, D. (2024). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MODEL 4D PADA MATERI ASAM BASA DI SMA NEGERI 13 KOTA JAMBI (Doctoral dissertation, universitas jambi).

Arikunto, S. (2012). “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan” (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Bella, A., Pesik, A., & Wenas, J. R. (2022). Hubungan Kemampuan Awal dan Kemampuan Numerik dengan Hasil Belajar Materi Aritmetika Sosial. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 3(2), 103-107.

Harjanti, P., & Prastiyo, A. (2024). Mengoptimalkan Pembelajaran Dengan Pendekatan TaRL Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di SD Negeri Condongcatur Sleman. Aksi Nyata: Jurnal Pengabdian Sosial dan Kemanusiaan, 1(4), 172-191.

Hidayatni, N., & Fathani, A. H. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Disertai Pendekatan TaRL dan Komponen CASEL. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 312-324.

Izzati, E. N., Untari, M. F. A., & Espiyati, E. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 di SDN Gayamsari 02 Semarang Semarang. Journal on Education, 6(3), 17840-17846.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). “Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka”. Jakarta: Kemdikbudristek.

Maf’ula, D. A., & Mardhiyana, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Berdasarkan Kriteria Watson. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 159-164.

Mardiyah, J., Khotimah, H., & Susilo, G. . (2025). Pengembangan Game Edukasi Besarang (Bermain Sambil Belajar Peluang) Menggunakan Software Construct 2 Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2023/2024. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 122–131. https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.1729

Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi transformasi geometri. Jurnal Gammath, 5(1), 16-25.

Munaroh, N. L. (2024). Asesmen dalam Pendidikan: Memahami Konsep, Fungsi dan Penerapannya. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 281-297.

Muniroh, A., Wirawati, B., & Darsono, D. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Papan Diagram untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Simpati, 2(4), 26-36.

Reza, Pajar, L, E. N., & Muharram, M. R. W. (2022). Model Pembelajaran Spade: Solusi Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar (Tinjauan Sistematis). De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). Retrieved from https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/188

Ridwan, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Memfasilitasi Kemampuan Visualisasi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatulah Jakarta).

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Susilo, G., Sari, T. H. N. I., & Mardiyah, J. (2024, August). Description of Implementation of Project Based Learning Model on Creativity Ability of Second Grade Students of SD Islam Ar-Rahiim Balikpapan. In 5th Borobudur International Symposium on Humanities and Social Science 2023 (pp. 736-744). Atlantis Press

Tilaar, A. L. (2019). Instrumen Penilaian Kinerja Pada Pembelajaran Kolaboratif Pokok Bahasan Geometri.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Ngantung, M. M., Tilaar, A. L. F., & Ali, E. . (2025). PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) . De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 141–146. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2278

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)