PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI BARISAN ARITMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN KONTEKS KOLINTANG

Authors

  • Josua Joseph Bergkam Kaunang Universitas Negeri Manado
  • Derel Filandy Kaunang
  • James Mangobi

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2300

Keywords:

barisan aritmatika, etnomatematika, kolintang, LKPD, pengembangan bahan ajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi Barisan Aritmatika dengan menggunakan konteks alat musik tradisional Kolintang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghadirkan pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan dekat dengan budaya lokal siswa, serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami konsep barisan aritmatika yang bersifat abstrak. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Proses pengembangan diawali dengan analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik, dilanjutkan dengan perancangan LKPD, uji coba bertahap, serta revisi berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan angket kepraktisan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan masuk dalam kategori “Sangat Praktis” dengan persentase kepraktisan sebesar 89%. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis konteks Kolintang efektif digunakan dalam pembelajaran, membantu siswa dalam memahami materi. Penelitian ini juga turut mendukung pelestarian budaya lokal serta memberikan kontribusi dalam pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika.

References

Bulegalangi, S. V, Regar, V. E., & Kaunang, D. F. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis RME pada Materi Fungsi Kelas VIII di SMP Negeri 3 Tondano. 5(1), 50–59.

Comission, E. (2016). ESTETIKA HERBERT READ. 4(1), 1–23.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(February 1985), 44-48 (in 'Classics').

Diola, M. M., Auxillia, M. N., & ... (2022). Kajian Etnomatematika pada Alat Musik Kolintang Terhadap Pembelajaran Matematika. … Nasional Matematika Dan …, November, 319–327. https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3312%0Ahttps://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/download/3312/1772

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81.

Kaunang, D. F., Mantiri, J., Mangelep, N. O., & Manado, U. N. (2018). Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Kearifan Lokal Minahasa Untuk Siswa Smp. Frontiers: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1, 223–230. https://doi.org/10.36412/frontiers/001035e1/agustus201801.11

Mardiyah, J., Khotimah, H., & Susilo, G. . (2025). Pengembangan Game Edukasi Besarang (Bermain Sambil Belajar Peluang) Menggunakan Software Construct 2 Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2023/2024. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 122–131. https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.1729

Maulidina Rahadi, N., & Ismiyati, N. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Scratch Siswa Kelas VII SMPN 7 Balikpapan Tahun Akademik 2023/2024. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 83–91. https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.335

Murtadlo, M., & Farisi, M. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jambura Journal of Educational Management, 108-122.

Panjaitan, A. P. (2019). Kekuatan Musik Dalam Pendidikan Karakter Manusia. MELINTAS An International Journal of Philosophy and Religion (MIJPR), 35(2), 174-194.

Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, et al. (2020). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Journal GEEJ, 7(2), 1–31.

Setiaji, D. (2023). Analisis pembelajaran seni terhadap esensi dan tujuan pendidikan. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1685-1693.

Sofyan, A., Nurhendrayani, H., Mustopa, & Hardiyanto, E. (2015). Panduan penggunaan bahan ajar. Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal Dan Informal (PP-PAUDNI) Regional 1 Bandung, 1–108.

Sugiyono. (2016). Pdf-Buku-Metode-Penelitian-Sugiyono_Compress.Pdf (p. 62).

Worang, H. (2010). Kolintang: Tradisi dan Modernisasi. Manado: Balai Pelestarian Budaya.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Kaunang, J. J. B., Kaunang, D. F., & Mangobi, J. (2025). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI BARISAN ARITMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN KONTEKS KOLINTANG. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 296–305. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2300

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)