IMPLEMENTASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FUNGSI KUADRAT PADA SISWA SMA NEGERI 1 NANGAPANDA

Authors

  • Stefania Baptis Seto Universitas Flores
  • Wabaena Musdin Universitas Flores
  • Elisabeth Elviana Se’a Universitas Flores
  • Cresensiana Theresia Yunita Kue Universitas Flores
  • Bernadina Oswin Lue Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2291

Keywords:

geogebra, pemahaman konsep, fungsi kuadrat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan GeoGebra dalam meningkatkan pemahaman konsep fungsi kuadrat pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Nangapanda. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kesulitan siswa dalam memahami fungsi kuadrat akibat sifatnya yang abstrak dan kurangnya media pembelajaran yang mendukung visualisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen satu kelompok pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 25 siswa, dengan pengumpulan data melalui tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji-t sampel berpasangan, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata postest lebih besar dari nilai rata-rata pretest (80,72 > 47,88), hal ini berarti penerapan pembelajaran matematika menggunakan GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar pemahaman konsep siswa pada materi fungsi kuadrat. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001 (< 0,05), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan dari penerapan media pembelajaran GeoGebra terhadap peningkatan pemahaman konsep fungsi kuadrat pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Nangapanda

References

Achadiyah, L., Prastyo, D., & Rusminati, S. H. (2022). Analisis Kemampuan Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Luas dan Keliling Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6237–6249. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.

Budi Halomoan Siregar, Grace elicia Sitorus, Indah Aulia Pratiwi, Khoirunnisa Sibarani, Martha Indah Samosir, M. S., & Septi Agita Tarigan, S. S. (2025). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Fungsi Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman: Studi Kasus di Kelas XI SMA. Jurnal Didactical Mathematics, 7(April), 45–57.

Fairus, F., Dewi, I., & Simamora, E. (2023). Keterkaitan Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis IT. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 538–549. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1921

Ghozi, S., & Yuniarti, S. (2017, December). Utilizing geogebra in financial mathematics problems: didactic experiment in vocational college. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 943, No. 1, p. 012010). IOP Publishing.

Kusumawati, W., Purwosetiyono, F. D., & Handayani, S. H. R. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 156–166. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.484

Lestari, N. W. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Pair Check Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMA Unggulan Nurul Islami Semarang.

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., Maharani, S. C., & Tangerang Ubiversitas Muhammadiyah. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matmatika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Nurmita, F., Hatma, T. F., & Selviani, D. (2019). Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.38

Puspita, D. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11–21. https://doi.org/10.36277/defermat.v7i1.326

Riska Ermilia, Lailan Fitriana, V. R. (2024). PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA Universitas Sebelas Maret , Surakarta , Indonesia SMA Negeri 1 Ngemplak , Boyolali , Indonesia Abstrak PENDAHULUAN Berdasarkan kurikulum yang berlaku , matematika memiliki peran penting dalam membentuk. 13(4), 1237–1251.

Rizal Usman, M., Satriani, S., Ibrahim, M., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., & Muhammadiyah Makassar Abstrak, U. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Geogebra Pada Pembelajaran Matematika Materi Grafik Fungsi Kuadrat. Mathematic Education Journal)MathEdu, 6(3), 27–33. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Romsih, O. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Kelas Ixd Smpn 14 Kota Serang Tahun Pelajaran 2019/2020. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 23. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i1.14043

Siahaan, Y. S., & Andhany, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Dalam Pengerjaan Soal Matematika Di SMP Swasta An-Nizam. 11(3), 188–198.

Suhaifi, A., Rufii, R., & Karyono, H. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 220–230. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.45080

Yuniarti, S., Sari, T. H. N. I., & Khotimah, H. (2019). PKM Pemanfaatan Modul Berbantuan GeoGebra dalam Pembelajaran Aplikasi Integral SMA di Balikpapan. Abdimas Universal, 1(1), 35–38. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v1i1.4

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Seto, S. B., Musdin, W., Se’a, E. E., Kue, C. T. Y., & Lue, B. O. (2025). IMPLEMENTASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FUNGSI KUADRAT PADA SISWA SMA NEGERI 1 NANGAPANDA. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 205–213. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2291

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)