SYSTEMATICS LITERATURE REVIEW : TREN PENELITIAN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN SSCS (Search, Solve, Create, and Share) TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2264Keywords:
Model Pembelajaran, SSCS, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan trend penelitian model pembelajaran SSCS terhadap pembelajaran matematika di Indonesia pada jenjang SD, SMP, SMA dan kuliah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalisis melalui pencarian rujukan yang bersumber dari Publish or Perish (PoP) dan google scholar. Sampel terdiri dari jurnal ter-indeks SCOPUS, ERIC, SPRINGER, sinta 1-6 selama kurun waktu pada tahun 2020-2025. Setelah itu diperoleh 110 artikel yang sesuai dengan kata kunci model pembelajaran SSCS terhadap pembelajaran matematika peserta didik di Indonesia dan terdapat 23 artikel yang terpilih sesuai dengan ketentuan penelitian yang dilakukan. Hasil dari analisis kajian literatur dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran SSCS paling banyak dilakukan menggunakan kemampuan pemecahan masalah di jenjang SMP pada tahun 2020. Sedangkan artikel mengenai model pembelajaran SSCS terhadap pembelajaran matematika banyak di publikasi pada jurnal terindeks sinta 3 pada jenis penelitian kuantitatif. Peneliti menemukan hampir semua penelitian menyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran SSCS cukup mempengaruhi peningkatan kemampuan matematis siswa, namun ada satu artikel yang mengatakan tidak ada pengaruh ketika menggunakan model pembelajaran SSCS
References
Abadi, A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SSCS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Universitas Negeri Makassar, 3, 103–111.
Anshori, A., & Masriyah, M. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. MATHEdunesa, 12(2), 557–568. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n2.p557-568
AP, N., Atjo, S. E. P., & Sari, N. (2023). Application Of The Search, Solve, Create, And Share (Sscs) Learning Model To Improve Student’s Learning Outcomes In Ipa Content 5 Th Grade Upt Sdn No. 72 Bontoloe Kabupaten Takalar. Pinisi Journal Of Education, 72, 1–13.
Ayu, D., Prabawati, S., & Ariyanto, L. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Self – Regulated Learning pada Pembelajaran Model Search , Solve , Create , and Share Materi Geometri Kelas VIII SMP. Imajiner, 4(5), 419–426.
Azzahra, T. R., Agoestanto, A., & Kharisudin, I. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran (Search, Solve, Create, and Share) SSCS terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2739–2751. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2443
Bariyah, H., & Fitriana, Y. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP. Mathema Journal E-Issn, 6(1), 2024.
Batul, F. A., Pambudi, D. S., & Prihandoko, A. C. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Sscs Kemampuan Berpikir Komputasional. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1282–1296.
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439
Budiarto, M. T., & Siswono, T. Y. E. (2020). Applying of Search , Solve , Create , and Share ( SSCS ) Learning Model to Improve Students ’ Mathematical Quantitative Reasoning. 196(Ijcse), 230–235.
Dimyati, A. (2020). Penerapan Model Sscs Problem Solving Dengan Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 117–133. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14073
Efiana, M., Jumini, S., Parmin, P., & Ariyani, M. (2025). Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Implementation of the search , solve , create and share ( SSCS ) learning model to improve critical thinking skills. 11(1), 16–28. https://doi.org/10.30870/gravity.v11i1.28776
Hadaming, H. (2021). The Effect of Search , Solve , Create and Share ( SSCS ) Learning Model on Mathematics Problem Solving Ability Based on Self-Efficacy of Elementary School Students. 611(ICoESM), 334–337.
Haerunnisa, D., & Imami, A. I. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aljabar. Jurnal Didactical Mathematics, 4(April), 23–30.
Hidayah, N., Nurafiani, S., Handoko, A., Haka, N. B., Ningrum, A. R., & Hasanah, U. (2024). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS). Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 183–192. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1234
Islami, A., Fatra, M., & Diwidian, F. (2023). Model Search , Solve , Create , and Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa Berdasarkan Self Efficacy. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(November 2023), 453–468.
Istiqomah, Jamaludin, & Khusnul Auliya. (2022). Melatih Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Pembelajaran ADDIE Pada Materi Getaran Dan Gelombang Untuk Smp Kelas VIII. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 234–239. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1608
Lestari, dewi indah, S.B.Waluya, & Mulyono. (2020). Mathematical Literacy Ability And Self-Efficacy Students In Search Solve Create And Share ( SSCS ) Learning With Contextual Approaches. 9(2), 156–162.
Marzuqo, K., Adnan, A., & Saragih, S. (2022). Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah: Studi Eksperimen pada Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share di UIN Suska Riau. Instructional Development Journal, 5(1), 39. https://doi.org/10.24014/idj.v5i1.19472
Maskur, R., Suherman, S., Andari, T., Anggoro, bambang sri, Muhammad, rosida rakhmawati, & Untari, E. (2022). The Comparison of STEM approach and SSCS Learning Model for Secondary School-Based on K-13 Curriculum : The Impact on Creative and Critical Thinking Ability. 22.
Maulatin, A., Adibah, N., Latifatur, N., & Norra, B. I. (2025). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Search , Solve , Create and Share ( SSCS ) Untuk Melatih Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Siswa Kelas X SMA. JPSP: Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan, 5, 87–105. https://doi.org/10.23971/jpsp.v5i1.9469
Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383–390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.388
Meilindawati, R., Netriwati, & Andriani, S. (2020). Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS): Dampak Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik. E-Dumath, 7(2), 93–101.
Moher, D., Shamseer, L., Clarke, M., Ghersi, D., Liberati, A., Petticrew, M., & Paul Shekelle, and L. A. S. (2015). “Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis Protocols (PRISMA-P) 2015 Statement.” Systematic Reviews 4(1):1. doi: https://doi.org/10.1186/2046-4053-4-1.
Mulfi, wa ode devana, Rasmuin, & Lestari, D. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create Share (Sscs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Asera. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 421–433.
Munawaroh, K., Nabhar, N., & Auliya, F. (2022). Eksperimentasi model pembelajaran Sscs (search , solve , create and share) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perbandingan di mts al-hikmah pati. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1161–1170. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1161-1170
Mutaqin, E. J., Herman, T., Wahyudin, W., & Muslihah, N. N. (2023). Hypothetical Learning Trajectory in Place Value Concepts in Elementary School. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 125–134. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.1313
Page, J., M., McKenzie, J. E., & Patrick M. Bossuyt, Isabelle Boutron, Tammy C. Hoffmann, Cynthia D. Mulrow, L. (2021). The PRISMA 2020 Statement: An Updated Guideline for Reporting Systematic Reviews. https://doi.org/10.1136/bmj.n71.
Pizzini, E. L. (1996). Implementation Handbook for The SSCS Problem Solving Instructional Model. Iowa: The University of Iowa.
Polanin, R., J., Pigott, T. D., Espelage, D. L., & Grotpeter., and J. K. (2019). “Best Practice Guidelines for Abstract Screening Large‐evidence Systematic Reviews and Meta‐ analyses.” Research Synthesis Methods 10(3):330–42. doi: 10.1002/jrsm.1. https://doi.org/10.1002/jrsm.1354.
Putra, F. G., Saregar, A., Diani, R., Misbah, M., Widyawati, S., & Imama, K. (2024). Enhancing mathematical reasoning: role of the search, solve, create, and share learning. Journal of Education and Learning, 18(3), 967–975. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i3.21399
Putriana, C., & Haqiqi, A. K. (2023). The Effectiveness of the SSCS ( Search , Solve , Create , and Share ) Learning Model for Increasing Mathematical Communication Skills and Numeracy Literacy.
Rafianti, I., Iskandar, K., & Haniyah, L. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 97. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.980
Rosidah, A., & Putri, T. G. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Seminar Nasional Pendidikan, 2, 52–60.
Sabbah, Kifaya, Mahamid, F., & Mousa., and A. (2023). “Augmented Reality-Based Learning: The Efficacy on Learner‘s Motivation and Reflective Thinking.” International Journal of Information and Education Technology 13(7):1051–61. doi: https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.7.1904.
Suryawati, E., Yennita, Y., Afwa, S. R., Dianti, P. R., & Syafrinal, S. (2023). Real action based on search solve create and share (SSCS) model to improve sustainability awareness of junior high school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 9(3), 271–281. https://doi.org/10.22219/jpbi.v9i3.28940
Syafri, M., Zulkarnain, & Maimunah. (2020). The Effect of SSCS Learning Model on the Mathematical Problem Solving Ability of Junior High School Students, Kampar Regency. 4(2), 309–317.
Tiara, T., Sukestiyarno, Y. L., & Mulyono, M. (2024). The Mathematical Problem-Solving Ability through the Search, Solve, Create and Share (SSCS) Learning Model. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 364–376. https://doi.org/10.51276/edu.v5i1.720
Van Klaveren, C., & D. W. (2015). Systematic Reviews in Education Research: In Contemporary Economic Perspectives in Education. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/j.ctt14jxsqg
Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safi’i, A., Supriadi, N., Syazali, M., & Wekke, I. S. (2020). The effect of SSCS learning model on reflective thinking skills and problem solving ability. European Journal of Educational Research, 9(2), 743–752. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.743
Yunizal, H. F., Fauziddin, M., Marta, R., & Pebriana, P. H. (2024). Improving Problem-Solving and Mathematical Self- Efficacy through the SSCS Model Based on Local Wisdom in Elementary School. Journal of Education Research, 5(21), 5250–5258.
Zulkarnain, Zulnaidi, H., Heleni, S., & Syafri, M. (2021). Effects of SSCS Teaching Model on Students’ Mathematical Problem- solving Ability and Self-efficacy. International Journal of Instruction, 14(1), 475–488.