SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMRI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2262Keywords:
Pendekatan, PMRI, Systematic Literature ReviewAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali implementasi pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Setelah itu, hasil analisis digabungkan dan diperoleh kesimpulan tentang masalah secara keseluruhan. Metode pada penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini mencari, mengamati, menilai, dan menjabarkan penelitian yang tersedia sesuai fenomena dan pertanyaan penelitian spesifik yang relevan. Metode SLR meninjau dan mengidentifikasi jurnal sesuai prosedur yang ditetapkan. Pengumpulan data berasal dari jurnal yang terindeks Sinta dan Google Scholar selama 7 tahun terakhir. Kata kunci untuk pencarian adalah “Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia”. Dari pencarian diperoleh sebanyak 15 artikel yang memenuhi kriteria. Kemudian, kumpulan data dianalisis sebagai temuan penelitian dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan ditemukan pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara seperti dengan menggunakan alat peraga, video, permainan, dan permasalahan kontekstual yang disajikan dalam LKPD. Penggunaan PMRI dalam pembelajaran dapat mendorong siswa dalam memecahkan masalah, mendalami konsep, meningkatkan hasil belajar, menjadi ketertarikan dan motivasi siswa saat belajar matematika
References
Ahadiya, M. N., Mutmainah, S., & Zuliana, E. (2024). Pembelajaran Analisis Data dan Peluang Melalui Permainan Bola Voli Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 143–151. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i1.612
Eryc. (2022). Systematic Literature Review of Critical Success Factors in Online Advertising. JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, 5(2), 551–561. https://doi.org/10.31289/jite.v5i2.6204
Fauziah, A., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Somakim. (2021). Pembelajaran PMRI Melalui Lesson Study. Bening Media Publishing.
Gusnia, F., Sampoerno, P. D., & Santi, V. M. (2023). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Berbantuan Geogebra pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7.
Hamidah, D., Gunawan, N. E., & Hasanah, D. R. (2022). Peranan Watermelon Juice Cone dalam Memahami Konsep Matematis Materi Volume Bola dan Kerucut Melalui Pendekatan PMRI. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 3(2).
Hutagalung, T. Y. M., Akbar, M. T., & Kuswidyanarko, A. (2024). PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 103 PALEMBANG. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3).
Kurniawati, E., & Suparni. (2019). EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DENGAN METODE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP/MTs. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 2.
Lestariningsih, L., & Trismawati, A. (2020). Penerapan Pendekatan PMRI Pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 117. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10078
Mayesty, D. P., Khuzaini, N., & Sustianta. (2024). EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. EduCurio Jurnal, 2(2).
Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2).
Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Academic Journal of Math, 01(01), 1–22. http://journal.staincurup.ac.id/index.php/arithmetic
Nabillah, H., Refianti, R., & Luthfiana, M. (2023). PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA(PMRI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LUBUKLINGGAU. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 5(2), 133–145. https://doi.org/10.31540/jmse.v5i2.2560
Ningrum, K. K., Kesumawati, N., & Hera, T. (2022). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri 89 Palembang. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 82–95. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14159
Putra, D. O. P., & Purnomo, Y. W. (2023). PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 512. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6231
Rahmadani, R., Jusniani, N., & Muhammad, G. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Pair Check Universitas Suryakancana Cianjur. MATHEMA JOURNAL E-ISSN, 3(2), 2021.
Rahmadona, F., Indrayati, H., & Widyaningrum, I. (2019). Efektivitas Pendekatan PMRI dengan Konteks Nasi Tumpeng pada Materi Volume Kerucut di Kelas IX. Arithmetic: Academic Journal of Math, 01(02), 93–102. http://journal.staincurup.ac.id/index.php/arithmetic
Rawani, D., & Dina Octaria. (2023). Pembelajaran Sudut melalui Tarian Kreasi Sumatera Selatan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di SMP. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i1.13210
Refianti, R., Fauziah, A., Luthfiana, M., & Yanto, Y. (2022). WORKSHOP PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PMRI GUNA MENANAMKAN KONSEP DASAR MATEMATIKA YANG DITUANGKAN DALAM BENTUK LKS. YLIP (Yayasan Linggau Inda Pena), 2(2).
Resi, B. B. F., Mawar, M. K. B. U., & Ellissi, W. (2023). PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK MENURUT TREFFERS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. RIEMANN Research of Mathematics and Mathematics Education, 5(2), 95–105.
Rosalia, D. M., Lestariningsih, & Kusumawati, I. B. (2022). Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2).
Sapitri, M., Fauziah, A., & Friansah, D. (2022). PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA KELAS VII SMPN 11 REJANG LEBONG. Jurnal Perspektif Pendidikan, 16(2), 259–270. https://doi.org/10.31540/jpp.v16i2.1977
Sholihah, I., & Rejeki, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Pembelajaran Himpunan. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(1), 2715–7326.
Sunedi, D. P. O. (2023). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(4), 456–462. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.54637
Sya’diah, K., Puspitasari, P. W., & Zuliana, E. (2025). MATEMATIKA PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH DENGAN PENDEKATAN PMRI BERBANTUAN FLOWER NUMBER GARDEN DI SD 1 MENAWAN. Jurnal MathEducation Nusantara, 8(1).
Tihuri, M. P. P., Hartono, Y., & Lusiana. (2018). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Materi Relasi dan Fungsi Di Kelas VIII Smp Azharyah Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 10–19. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS, 1(2). https://www.google.com
Ulya, A. L., & Agustyarini, Y. (2020). Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Penalaran Kelas V Bangun ruang. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 7(2).
Yusita, T. L., & Saputro, H. B. (2023). Effectiveness of the RME (Realistic Mathematic Education) Learning Model on Learning Outcomes in Multiplication Counting Operation Material for Class III Students at SD Muhammadiyah Ambarketawang 1. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(2), 300–313. https://doi.org/10.29303/jm.v5i2.5882