VALIDITAS E-LKS MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Imat Sopiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ana Setiani Universitas Muhammadiytah Sukabumi
  • Hamidah Suryani Lukman Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Keywords:

Validity, E-LKS , Mathematical Problem Solving Ability , Blended Learning

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam bidang matematika masih rendah. Hal tersebut ditunjukan oleh laporan terbaru PISA tahun 2018 dan pada saat melakukan observasi awal kepada lima orang siswa kelas VIII SMP untuk meninjau kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-LKS model blended learning yang valid untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan prosedur menggunakan tahapan pengembangan menurut Sugiyono yang dibatasi sampai empat tahapan yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) mengumpulkan informasi; 3) desain produk; 4) validasi desain. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli materi dan ahli media. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 94,8% kriteria kelayakan isi materi sudah terpenuhi dengan kategori sangat baik (4,74), 85% kriteria kelayakan bahasa sudah terpenuhi dengan kategori sangat baik (4,27), 95,41% kriteria kelayakan penyajian sudah terpenuhi dengan kategori sangat baik (4,8), dan 92,85% kriteria kelayakan kegrafikan sudah terpenuhi dengan kategori sangat baik (4,6). Berdasarkan data tersebut maka 91% kriteria penilaian kelayakan E-LKS model blended learning yang dikembangkan sudah terpenuhi dan tergolong kategori sangat baik (4,64) serta valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran

References

Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48–61.

Fadillah, S. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Universitas Negri Yogyakarta.

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode pemecahan masalah menurut polya untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis di sekolah menengah pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. PRISMA, 2.

Lestari, F., Putri, A. D., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Menggunakan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 62–69.

Lukman, H. S., & Setiani, A. (2018). Validitas Bahan Ajar Statistika Terapan Berbasis ICT Terintegrasi Proyek. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 36–46.

Maya, Y. (2020). Penggunaan blended learning pada pembelajaran era industri 4.0. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 31–38.

Palera, V., Anriani, N., & FS, C. A. H. (2020). PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2).

Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37–48.

Purnama, D. (2017). Pengembangan e-LKS Berbasis Metakognisi Menggunakan 3D PageFlip pada Materi Reaksi Redoks di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Kimia.

Purnama, M. N. A. (2020). BLENDED LEARNING SEBAGAI SARANA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING DI ERA NEW NORMAL. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(2), 106–121.

Putri, H. E. (2017). Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA), Kemampuan-Kemampuan Matematis, dan Rancangan Pembelajarannya. UPI Sumedang Press.

Setiani, A. (2016). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Mengurangi Kecemasan Matematika Dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 135–148.

Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih, S. (2020). MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING DI SMA MUHAMMADIYAH SUKABUMI.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad 21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema "isu-Isu Strategis Pembelajran MIPA Abad 21, 12, 2.

Downloads

Published

2024-12-14

How to Cite

Sopiah, I., Setiani, A., & Lukman, H. S. (2024). VALIDITAS E-LKS MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 35–45. Retrieved from https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/173

Issue

Section

Articles