PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v3i1.71Keywords:
Metode Pembelajaran Teams Games Tounament (TGT), Media Pembelajaran Interaktif, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis media pembelajaran interaktif dan mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Teams games Tournament (TGT) berbasis media interaktif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi desain sequential explanatory dimana dapat menggabungkan metode penelitian kualitatif dengan kuantitatif secara berurutan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) penerapan metode teams games tournament berbasis media pembelajaran interaktif mendapatkan respon yang positif dari guru dan siswa; (2) adanya peningkatan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan rata-rata pre tes 52,36 dan rata-rata pos tes meningkat menjadi 80,28, sehingga penerapan metode teams games tournament berbasis media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
References
Cahyani, H. dan Setyawati, R. W. 2016. Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Prosiding Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang.
Harahap, E. R. dan Surya, E. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica, 7(1): 44-54
Ibrahim dan Hidayati, N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa SMA Negeri 1 Seyegan. Jurnal AgriSains, 5(2): 115-136
Juanda, Johar, dan Ikhsan. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Means-ends Analysis (MeA). Jurnal Kreano, 5(2): 105-113
Kristiyono, A. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Solving Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Suruh Kab. Semarang. Tesis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Rahma, A. D., Sulhadi dan Sumarti, S. S. 2016. Implementasi Pembelajaran Sains Dengan Media Fotonovela Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD/MI. Journal of Primary Education, 5(1): 1-9