PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING PENGEMBANGAN DARI BAHAN AJAR KALKULUS BERORIENTASI NILAI KEISLAMAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Authors

  • fitria selvera nanda universitas islam negeri raden intan lampung

Keywords:

Value of Keislaman; The teaching materials of Kalkuklus; Guided

Abstract

The aims of this research include: 1) Knowing how to develop Islamic value-oriented teaching materials and environmentally sound using guided inventions. 2) Knowing the feasibility of the value-oriented Islamic and environmentally sound. 3) know the effectiveness of learning materials that are value-oriented and environmentally sound in learning with findings. The type of research used is by the Research and Development method. The research uses the ADDIE research model. This research instrument is a validation sheet of the teaching materials developed using an ADDIE model consisting of analysis, design, development, implementation and evaluation stage. The results of this study are calculus teaching materials on the derivative materials of Islamic values and environmental insight with guided discovery approaches developed into valid/feasible categories, while the results of the analysis of the effectiveness of class data applied learning using calculus teaching materials on the derivatives of value-oriented material and environmental insight with a guided discovery approach is effective with the average N-Gain (g) ≥ 0.77/high category.

References

Afandi, Rifki. 2011. “Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ips di sekolah dasar.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 1 (1): 85–98.

Amirudin, Ach, dan Utami Widiati. 2017. “Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Anita, Ika Wahyu. 2017. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa.” JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) 10 (1).

Fitri, Dewi Yuliani, Tika Septia, dan Alfi Yunita. 2015. “Pengembangan Modul Kalkulus 2 Pada Program Studi Pendidikan Matematika Di Stkip Pgri Sumatera Barat.” Jurnal Pelangi 6 (1).

Hartanto, Salpa, dan Nery Sofiyanti. 2014. “Studi Etnobotani Famili Zingiberaceae dalam Kehidupan Masyarakat Lokal di Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.” Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education 6 (2): 98–108.

Hartono, Wahyu, dan Muchamad Subali Noto. 2017a. “Pengembangan modul berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan matematis pada perkuliahan kalkulus integral.” Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 1 (2): 320–33.

———. 2017b. “Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Perkuliahan Kalkulus Integral.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 1 (2): 320–33.
HASANAH, Umi Nur, Andi Thahir, Komaruddin Komaruddin, dan Rahmahwaty Rahmahwaty. t.t. “MURDER Learning and Self Efficacy Models: Impact on Mathematical Reflective Thingking Ability.” Journal for the Education of Gifted Young Scientists 7 (4): 1123–35.

Melisa. 2016. “Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Yang Valid Pada Perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak 1.” LEMMA 1 (2): 21–27.

Nengsih, Sefrida, Tika Septia, dan Rina Febriana. 2017. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Peluang Untuk Siswa Kelas XI IPA SMA Adabiah 2 Padang.” Jurnal Mosharafa 6 (2): 300.

Pratita, Ina Ika. 2017. “Pengembangan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman (Dokkai) Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang Universitas Negeri Surabaya.” ASA 4 (1).

Pratiwi, Dilla Mulya, Sulistyo Saputro, dan Agung Nugroho Catur Saputro. 2015. “Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas XI IPA.” Jurnal Pendidikan Kimia 4 (2): 33.

Putriani, Deary, Nur Hadi Waryanto, dan Kuswari Hernawati. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Program Construct 2 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP Kelas 8.” Jurnal Pendidikan Matematika 16 (3): 1–10.

Ramdani, Yani. 2012. “Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral.” Jurnal Penelitian Pendidikan 13 (1): 44–52.

Retno, Raras Setyo, dan Wachidatul Linda Yuhanna. 2016. “Pembelajaran konsep dasar IPA dengan scientific inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah pada mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 2 (1): 1–9.

Rizal, Ahmad Syamsu. 2014. “Perumusan Tujuan Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 12 (2): 97–112.

Saputri, Maria Edistianda Eka, dan Irene Brainnita Oktarin. 2019. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi.” Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) 12 (2).

Sari, Fiska Komala, Farida, dan M. Syazali. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7 (May 2015): 57.

Sudarsana, I. Ketut. 2016. “Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia.” Jurnal Penjaminan Mutu 1 (1): 1–14.

Susanti, Nurlaili. 2016. “Aktivitas Antimikroba Ekstrak Rimpang Jeringau (Acorus calamus) Terhadap Pertumbuhan Candida albicans.” Jurnal Biodjati 1 (1): 55–58.

Thohir, M. Anas, Wasis Wasis, dan W. W. Sugimin. 2017. “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing dalam Upaya Remediasi Miskonsepsi Materi Listrik Dinamis.” JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 1 (2): 62–67.

Widyaningrum, Ratna, Puguh Karyanto, Program Studi, Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas, dan Maret Surakarta. 2013. “Pengembangan Modul Berorientasi Poe ( Predict , Observe , Explain ) Berwawasan Lingkungan Padamateri Pencemaran Untuk Meningkatkan” 6.

Yenti, Isra Nurmai. 2016a. “Hasil Perancangan Modul Kalkulus Dasar dan Lanjut dengan Menggunakan Maple 14.” Ta’dib 19 (1): 49–60.

———. 2016b. “Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Peubah Banyak 1 (Kpb 1) Berbasis E-Learning.” Ta’dib 13 (2).

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

nanda, fitria selvera. (2021). PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING PENGEMBANGAN DARI BAHAN AJAR KALKULUS BERORIENTASI NILAI KEISLAMAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 16–25. Retrieved from https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/63

Issue

Section

Articles