Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Modifikasi Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v3i1.58Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis; Problem Solving Modifikasi; Pembelajaran AktifAbstract
Mathematical communication skills are essential for learners in math learning. Increased numerical ability of students impact on the results of the study aims to determine whether there is improvement in the mathematical communication skills of learners by using methods learning problem solving modification. Method used is quantitative method. The types of research used are Quasy experiments and design experiments used in the design of non-equivalence control groups and data analysis used with one way Anava. The results of the study are Fhitung = 11,186, Ftabel = 3.09 then H0 rejected, then it can be concluded the research has an influence that is not equal to the mathematical communication skills of learners.
References
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama islam. Al-Ulum, 13(1), 25-38.
Anisah, A., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2013). Pengembangan soal matematika model PISA pada konten quantity untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 5(1), 121613.
Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 364-370).
Aprilia, D. (2014). Studi komparatif model CIRC dan MMP terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3).
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Darmawan, M. (2015). Peningkatan kemandirian peserta didik melalui strategi pembelajaran problem solving pada kompetensi perawatan dan perbaikan PC di kelas X TKJ SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains, 6(2).
Emda, A. (2011). Pemanfaatan media dalam pembelajaran biologi di sekolah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 149-162.
Farida, F. (2015). Mengembangkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik melalui pembelajaran berbasis VCD. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 25-32.
Hariawan, H., Kamaluddin, K., & Wahyono, U. (2014). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(2), 48-54.
Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi etnomatematika pada budaya masyarakat dayak perbatasan indonesia-malaysia kabupaten sanggau kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14-23.
Hidayati, F., Isnani, I., & Susongko, P. (2017). Pengaruh persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika di sekolah menengah pertama. JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti), 1(1).
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6.
Karim, A. (2011). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal pendidikan, 1(1), 21-32.
Manullang, M. (2016). Pengaruh penguasaan numerik dan penguasaan verbal terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2).
Nadi, C. Y., ES, W. A., & Saputro, S. (2016). Pengaruh metode problem solving secara algoritmik dan heuristik terhadap prestasi belajar ditinjau darikemampuan metakognisi siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIA di SMA N 5 surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(1), 125-133.
Nurlaila, N., Suparmi, S., & Sunarno, W. (2013). Pembelajaran fisika dengan PBL menggunakan problem solving dan problem posing ditinjau dari kreativitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 2(02).
Permana, Y., & Sumarmo, U. (2007). Mengembangkan kemampuan penalaran dan koneksi matematik siswa SMA melalui pembelajaran berbasis masalah. educationist, 1(2), 116-123.
Purwanto, S. (2016). Pengembangan web site matematika sekolah untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa, siswa sekolah menengah dan sekolah dasar. In Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I
Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar matematika siswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1).
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Psikoborneo, 5(2), 400-405.
Rindyana, B. S. B., & Chandra, T. D. (2012). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Artikel Ilmiah Universitas Negeri Malang, 1(2).
Rohman, A. A., Yuniarti, S., & Permatasari, B. I. (2018). Pengaruh metakognisi dan kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 balikpapan tahun ajaran 2017/2018. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 25-30. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.23
Suhendri, H. (2015). Pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).