PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.38Keywords:
Software Geogebra, Pembelajaran Matematika, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran matematika berbasis digital. Software yang digunakan adalah software geogebra yang merupakan perangkat lunak yang membatu siswa untuk membuat grafik fungsi. Software ini secara tepat dapat menunjukan titik-titik koordinat pada grafik fungsi sehingga memudahkan siswa dalam belajar. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa siswa memahami materi dengan baik dan siswa menjadi lebih kreatif dalam membuat grafik-grafik fungsi. Siswa menjadi lebih aktif dalam belajar. Nilai siswa ≥ 75% mendapat nilai yang baik. Selain itu aktifitas siswa \berada pada taraf aktif dikelas baik bertanya maupun mengerjakan soal dengan baik melalui software geogebra. Dilihat dari skor rata-rata pengamat setiap siklus meningkat, Dilihat dari hasil analisis tes siklus I sampai siklus III diketahui Berdasarkan hasil tes belajar mahasiswa, nilai rata-rata mahasiswa mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II dan III.
References
Doğan, M. İçel, R. (2011). The role of dynamic geometry software in the process of learning: GeoGebra example about triangles International Journal of Human Sciences [Online]. Vol 8, Issue 1. ISSN: 1303-5134. Available: http://www.InsanBilimleri.com/En
https://j-humansciences.com/ojs/index.php/IJHS/article/view/1547/730
diakses tanggal 19 Agustus 2018 pada
Ega Rima Wati. (2016). Ragam Media Pembelajaran Visual- Audio Visual- Komputer– Power Point- Internet- Interactive Video. Kata Pena: Jakarta.
Ljubica Diković. (2009). Applications GeoGebra into Teaching Some Topics of Mathematics at the College Level. Business Technical College, Trg Svetog Save 34. Journal ComSIS Vol. 6, No. 2, December 2009.
Pada http://www.doiserbia.nb.rs/img/doi/1820-0214/2009/1820-02140902191D.pdf
Diakses tanggal 19 Agustus 2018.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2014) Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Zainal Aqib. (2017). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya: Bandung.