Pengembangan Media Pembelajaran Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Authors

  • Dela Puspita Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Media Pembelajaran, GeoGebra, Bangun Ruang Sisi Datar, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis GeoGebra yang dapat meningkatkan pemahaman siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada konsep bangun datar geometri bidang. Materi bangun ruang sisi datar seperti kubus, balok, prisma, dan limas seringkali dianggap sulit bagi siswa SMP karena bersifat abstrak dan memerlukan visualisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan Model Addie (Analisys, Disain, Development, Implementasi,Evaluasi ). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2024 di salah satu SMP negeri di palembang dengan melibatkan siswa kelas VIII. Berdasarkan hasil survei, kualitas media pembelajaran dinilai berdasarkan penilaian validasi ahli media dan ahli materi, dan nilai yang masuk kategori “sangat efektif” masing-masing sebesar 85,7 dan 87,7%. Hasil angket respon siswa untuk mengkonfirmasi kepraktisan media dinilai pada eksperimen kelompok kecil dan eksperimen kelompok besar, dan memperoleh nilai masing-masing sebesar 86,46 dan 88,76% termasuk ''sangat praktis''. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Geogebra menggunakan materi bangun ruang sisi datar Efektif dan praktis digunakan untuk pembelajaran.

References

Anggraeni, E. R., Ma’rufi, M., & Suaedi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 43–55. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.503

Anjarwati, S., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2022). Pengembangan Pocket Book Digital Berbasis Project Based Learning Menggunakan GeoGebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 111. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i2.13414

Apriyanti, D. A. K., Sugiarta, I. M., & Suarsana, I. M. (2021). Pemahaman konsep matematika siswa dengan strategi everyone is a teacher here. Jurnal Analisa, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.8529

Arsita, D. D., Nurul Hidayah, M. U., & Faradiba, S. S. (2020). Pemahaman Materi Bangun Ruang dengan Berbantuan GeoGebra. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 42–49. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.6

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Heswari, S., & Patri, S. F. D. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa. JIP: Jurnak Inovasi Penelitian , 2(8), 2715–2722.

Junaedi, Y., Maryam, S., Raya, U. T., & Junaedi, Y. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP pada Pembelajaran Daring. 2, 49–56. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.30228

Maskur, R., Sumarno, S., Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Kinarya Palupi, E. (2020). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Mufidah, H., Lailiyah, I., Rohmah, U., Amitha, S. I., Puspitarini, E., & Fauzy, I. (n.d.). Implementasi Model Pembelajaran Connecting , Organizing , Reflecting , Extending ( Core ) Berbasis Google Sites Sebagai Pembaharuan Pembelajaran Matematika. 40–50.

Nabila, H., Nursyahidah, F., Prasetyowati, D., Matematika, P., & Pgri Semarang, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Etnomatematika Menggunakan Ispring Suite Development Of Ethnomathematics-Based 3D Shapes Materials Learning Media Using Ispring Suite. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(3), 280–287.

Safira, S., & Salsabila, D. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Berbantu Geogebra 3D Grapics pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(2), 144. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i2.11465

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106–1114. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.351

Sugandi, A. I., Sofyan, D., & Maesaroh, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Deduktif Induktif Berbantuan Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 149–160. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.149-160

Ulfah, N. S., Kusumaningsih, W., & Rahmawati, N. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Android Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 53–59. https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i1.14269

Yulianti, F., & Novtiar, C. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran …, 4(6), 1647–1658. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1647-1658

Downloads

Published

2024-12-14

How to Cite

Puspita, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11–21. Retrieved from https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/326

Issue

Section

Articles