KAJIAN FRIEZE GROUP PADA BANGUNAN MASJID RAYA SKHEIKH ZAYED SOLO
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.323Keywords:
Frieze Group, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Pola OrnamenAbstract
Masjid Raya Sheikh Zayed Solo merupakan sebuah bangunan masjid megah yang menjadi simbol persahabatan antara Uni Emirat Arab dan Indonesia. Bangunan ini memiliki arsitektur Islam modern dengan ornamen-ornamen yang mencerminkan perpaduan antara arsitektur khas Timur Tengah dan budaya Indonesia. Selain itu, ornamen-ornamen yang ada di masjid ini juga memiliki unsur-unsur matematika seperti geometri bangun datar dan transformasi seperti refleksi, rotasi, dilatasi, dan translasi, yang terdapat dalam materi frieze group di ilmu matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pola-pola ornamen yang ada di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo berdasarkan frieze group. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif. Dalam metode kualitatif, peneliti bertindak sebagai instrumen utama dan tidak dapat digantikan oleh pihak lain. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan mengidentifikasi ornamen-ornamen yang ada dan mengklasifikasikan pola geometris yang terdapat dalam setiap ornamen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa identifikasi pola ornamen yang ada di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo berdasarkan konsep frieze group menunjukkan bahwa terdapat lima tipe frieze yang ditemukan yaitu F1, F2, F3, F6, dan F7. Namun, tidak semua ornamen yang memiliki pola simetri pada masjid tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam salah satu dari tujuh tipe frieze group.
References
Andriani, L., & Muchyidin, A. (2020). Pola Frieze Group Pada Gerakan Tari Buyung Kuningan. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 81. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.2997
Drager, L., Drager, L., & Drager, L. (2010). Geometric Transformations and Wallpaper Groups Introduction Outline.
Fitriyah, A. T., & Syafi’i, M. (2022). Etnomatematika Pada Bale Lumbung Sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.682
Fouze, A. Q., & Amit, M. (2018). Development of mathematical thinking through integration of ethnomathematic folklore game in math instruction. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 617–630. https://doi.org/10.12973/ejmste/80626
Gallian, J. (2017). Complete Solutions Manual to Accompany Contemporary Abstract Algebra Ninth Edition. 167.
Hardientri, W. M. (2021). Pengembangan Vidio Pembelajaran Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Pecahan Peserta Didik Kelas Iv. 18.
Janan, T. (2022). Ethnomathematical Exploration At The Great Mosque Of Bandung. Jurnal Equation, 5(September), 66–75.
Maula, I., Setyaning Pambudi, A., & Rohmah, Z. (2018). Perkembangan Matematika dalam Sejarah Peradaban Islam. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 1(September), 115–119.
NoprianiLubis, J., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 131–137. www.noveltyjournals.com
Radiusman, R., & Juniati, D. (2022). Kajian Etnomatematika Kain Tenun Lombok Berdasarkan Pola Geometri Wallpaper Dan Pola Geometri Frieze. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1909. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5329
Rahmawati, A., Helmi, & Fran, F. (2018). Frieze Group Pada Seni Dekoratif Masjid. Buletin Ilmiah Math, Stat, Dan Terapannyaan Terapannya, 7(1), 23–32.
Serepinah, M., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), 148–157. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157
Silalahi, R., Kartika, D., Suwanto, F. R., & Niska, D. Y. (2022). Pola Frieze dalam Kain Batik Sumatera Utara. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 667–674. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Soebagyo, J., & Haya, A. F. (2023). Eksplorasi Etnomatematika terhadap Masjid Jami Cikini Al- Ma ’ mur sebagai Media d alam Penyampaian Konsep Geometri. 5(2), 235–257.
Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Materi Segiempat Berdasarkan Teori Nolting. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 2614-221X. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.423-432
Sunardi, S., & Yudianto, E. (2015). Antisipasi Siswa Level Analisis Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 5(2). https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i2.4776
Sunardi, Yudianto, E., Susanto, Kurniati, D., Cahyo, R. D., & Subanji. (2019). Anxiety of students in visualization, analysis, and informal deduction levels to solve geometry problems. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(4), 171–185. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.4.10
Suryawan, I. P. P., & Sariyasa. (2018). Integrating ethnomathematics into open-ended problem based teaching materials. Journal of Physics: Conference Series, 1040(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012033
Umble, R. N. (2012). Transformational Plane Geometry.
Zulaekhoh, D., & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 216–226. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/289