PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AKTIF, KOLABORASI, DAN INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIKA SISWA SMP

Authors

  • Nirfayanti Nirfayanti Universitas Muslim Maros
  • Syamsuriyawati Syamsuriyawati Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v7i1.316

Keywords:

Matematika, model pembelajaran kooperatif, kemampuan generalisasi matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran kooperatif tipe aktif, kolaborasi, dan induktif dalam meningkatkan kemampuan generalisasi matematis siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi desain model Plomp yang terdiri dari lima tahap, yaitu tahap penyelidikan awal, tahap perancangan, tahap realisasi/konstruksi, tahap pengujian, evaluasi, dan tahap revisi dan implementasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa instrumen berupa angket analisis kebutuhan, angket validasi, lembar observasi, angket respon guru, dan tes kemampuan generalisasi matematika. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validasi menunjukkan buku model dan perangkat pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli. Selanjutnya hasil uji praktikalitas juga menyatakan bahwa model praktis berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran, dan angket respon guru. Sedangkan hasil uji efektivitas melalui uji n-gain dari data pretest dan posttest menunjukkan bahwa model pembelajaran ini dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan generalisasi matematis siswa SMP

References

Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11–20. http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.9663

Child, S. (2016). Collaboration In The 21st Century: Implications For Assessment. Research Matters: A Cambridge Assessment Publication, 22, 17–22.

Dahar, R. W. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga.

Dooley, K., & Sexton-Finck, L. (2017). A focus on collaboration: Fostering Australian screen production students’ teamwork skills. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 8(1), 74–105. https://doi.org/10.21153/jtlge2017vol8no1art642

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.

Hutabarat, J. (2014). Penerapan Teori Belajar Penemuan Bruner Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX. In Blog Juandi Hutabarat. http://juandi199.blogspot.com/2013/01/penerapan-teori-belajar-penemuan-bruner.html

Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2).

Jaelani, A. (2015). Pembelajaran Kooperatif, sebagai Salah Satu Model Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyya (MI). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–16.

Kawuri, M. Y. R. T., Ishafit, I., & Fayanto, S. (2019). Efforts To Improve The Learning Activity And Learning Outcomes Of Physics Students With Using A Problem-Based Learning Model. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 105–114. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.1957

Kholis, N., Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2020). Development and Validation of an Instrument to Measure a Performance of Vocational High School. European Journal of Educational Research, 9(3), 955–966. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.955

L, S., Zainuddin, Z., Inah, E. N., & Fua, J. L. (2020). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Tadris Fisika FATIK IAIN Kendari. KULIDAWA, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.31332/kd.v1i1.1803

Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Media Akademi.

Nicol, A. A., Owens, S. M., Le Coze, S. S., MacIntyre, A., & Eastwood, C. (2018). Comparison of high-technology active learning and low-technology active learning classrooms. Active Learning in Higher Education, 19(3), 253–265. https://doi.org/10.1177/1469787417731176

Nirfayanti, N., Ernawati, E., Khaerani, K., Nasir, A. M., Rahmawati, R., Syamsuriyawati, S., & Setyawan, D. (2023). Pendampingan Model Pembelajaran Kooperatif Bagi Guru Matematika SMP/MTs se-Kabupaten Maros. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(4), 246–256. https://doi.org/10.61231/jp2m.v1i4.139

Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar [Disertasi tidak diterbitkan]. PPs UNESA.

Ramadhan, S., Mardapi, D., Kun, Z., & Budi, H. (2019). The Development of an Instrument to Measure the Higher Order Thinking Skill in Physics. European Journal of Educational Research, 8(3), 743–751. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.3.743

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.

Rizkiyah, V. N. S., & Rahaju, E. B. (2018). PENALARAN GENERALISASI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI BARISAN BILANGAN DITINJAU BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v7n2.p406-415

Setiyo, A. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI KOLABORATIF DENGAN MELIBATKAN ORANG TUA DAN MASYARAKAT UNTUK MEWUJUDKAN STUDENT’S WELL-BEING DI MASA PANDEMI. BIOMA: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61–78. https://doi.org/10.26877/bioma.v11.i1.9797

Siregar, T. B., Putri, A. N., & Hindrasti, N. E. K. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 130–139. https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i2.28577

Suniasih, N. W. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NEUROSAINS BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MODEL INKUIRI. Mimbar Ilmu, 24(3), 417–429. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.22542

Tharayil, S., Borrego, M., Prince, M., Nguyen, K. A., Shekhar, P., Finelli, C. J., & Waters, C. (2018). Strategies to mitigate student resistance to active learning. International Journal of STEM Education, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s40594-018-0102-y

Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130–137. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.23050

Wicaksono, W. A., Salimi, M., & Suyanto, I. (2016). MODEL BERPIKIR INDUKTIF: ANALISIS PROSES KOGNITIF DALAM MODEL BERPIKIR INDUKTIF. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 193–199.

Yuni, Y., & Fisa, L. (2020). Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of Instructional Mathematics, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.37640/jim.v1i1.267

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Nirfayanti, N., & Syamsuriyawati, S. (2025). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AKTIF, KOLABORASI, DAN INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIKA SISWA SMP. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 46–60. https://doi.org/10.36277/defermat.v7i1.316

Issue

Section

Articles