KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI TEKNOLOGI ABAD-21

Berpikir Kreatif dengan Teknologi

Authors

  • Nur Fathaillah Pajrin Universitas Negeri Semarang
  • Emi Pujiastuti Universitas Negeri Semarang
  • Sugiman Sugiman Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir, Kreatif, Teknologi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi trend penelitian pendidikan matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan bantuan teknologi. Metode pada penelitian ini adalah Systematic Literature Research (SLR) yang mengarah untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan artikel yang relevan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan aplikasi publish or perish dengan kata kunci kreativitas matematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif berbasis teknologi memiliki banyak celah untuk dilakukan penelitian. Pada (RQ1) ditemukan celah untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui kefeektifan media yang dikombinasikan dengan berbagai pendekatan, selain itu ditemukan celah untuk media seperti scratch dan sebagainya. Pada (RQ2) ditemukan celah untuk melakukan penelitian pada materi statistik di sekolah, pada perguruan tinggi ditemukan celah pada mata kuliah media pembelajaran matematika dan strategi belajar mengajar matematika, sedangkan untuk metode penelitian ditemukan celah pada mix method. Pada (RQ3) trend penelitian yang ditemukan adalah penggunaan media geogebra berbasis android untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis.

References

Adhiwibowo, B., & Karyati. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada kreativitas matematis. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 174–183.

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2244

Ardiansyah, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. Jumlahku, 6(2), 145–155.

Astuti, V. D., Muthmainnah, R. N., & Rosiyanti, H. (2021). Pengembangan media pembelajaran aplikasi pokamathh pada materi aljabar kelas VII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 1–10. Retrieved from jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc

Azizah, R. D., Fitri, F., & Nuri, B. (2023). Menumbuhkan Keyakinan Siswa melalui Keterampilan Dan Kreativitas Guru Serta Peranan Teknologi Di Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Edukasi Matematika Sains, 4(1), 40–44.

Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1174

Harahap, R., Ahmad, N. Q., & Fiteri, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Kreativitas Matematis Siswa melalui Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) berbasis Project Based Learning (PjBL). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3479–3488. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2621

Hendri, S., Kenedi, A. K., Suherman, D. S., & Arini, F. D. (2023). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Sains Teknologi Enjiring dan Matematika untuk Guru Sekolah Dasar. MONSU’ANI TANO, 6(1), 124–132.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Ismail, R., & Imawan, O. R. (2021). Meningkatkan Penguasaan TPACK Guru Di Papua Melalui Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(1), 277–288.

Jubaerudin, J., Supratman, & Santika, S. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 178–189.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Lestari, M. (2022). Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa Tadris Matematika Ditinjau dari Kemampuan Daya Nalar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (2022), 161–169. Kudus: NCOINS.

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (3rd ed.). Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Munandar, U. (2020). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah (3rd ed.). Jakarta: Grasindo.

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830

Nugroho, A. M., Wardono, Waluyo, S. B., & Cahyono, A. N. (2019). Kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari adversity quotient pada pembelajaran TPACK. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 41–43. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28862

Nuraenahfisah, N., & Toheri, T. (2013). PENGARUH PENGGUNAAN SCRATCH TERHADAP KREATIVITAS BERFIKIR MATEMATIS (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 2(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v2i1.65

Nurhayati, N., & Rahardi, R. (2021). Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam mengembangkan media pembelajaran matematika saat pandemi covid-19. Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 331–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.331-342

Prasetya Subakti, D., Marzal, J., Haris Effendi Hsb, M., Studi Magister Pendidikan Matematika, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Jambi, U., … Jambi, K. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249–1264. Retrieved from https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/629

Purnomo, J. (2021). Kebermanfaatan Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(1), 9–22. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v8i1.211

Puspitawati, N. M., Santyasa, I. W., & Agustini, K. (2018). Pengaruh Media Geogebra Terhadap Motivasi Dan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Smk Negeri 1 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(3). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i3.2286

Rahmawati, N. D., Rodliyah, I., & Saraswati, S. (2023). Analisis Penerapan Strategi Blended Learning dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 516–526. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1607

Rochmad, R., & Ulinnuha, R. (2020). Blended learning Menggunakan Gnomio untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 476–481. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37647

Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 511–520. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.866

Setiyadi, D., Fortuna, D., & Ramadhan, A. B. (2022). Pemanfaatan Video Kreatif dan Media Sosial Youtube sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 31–42. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.344

Sinaga, D. K. (2021). Analisis kemampuan kreativita matematis siswa berbasis zoom pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Swasta Budi Murni 2 Medan tahun ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 83–90.

Siregar, H. M., Solfitri, T., & Anggraini, R. D. (2022). Analisis Kebutuhan Modul Kalkulus Integral ( Need Analysis of Integral Calculus Module To Improve. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 16–26.

Siregar, N. U., Pulungan, F. K., Thahara, M., Dalimunthe, N. F., Fakhri, N., Herawati, N., … Saragih, R. M. B. (2023). Penerapan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(3), 8151–8162. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1602

Sudihartinih, E., Novita, G., & Rachmatin, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Topik Luas Daerah Segitiga Menggunakan Aplikasi Scratch. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1390–1398. Retrieved from https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/643

Susilawati, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 512–525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.244

Suwarsono, R. M., & Muhid, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 136–146. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14555

Waluyo, E. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMA dengan Model Creative Problem Solving Terintegrasi TPACK. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 6(1), 11–20.

Wijaya, A. J., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2022). Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 108. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.10866

Yustina, A. F., & Yahfizham, Y. (2023). Game Based Learning Matematika dengan Metode Squid game dan Among us. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 615–630. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1946

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 286. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Pajrin, N. F., Pujiastuti, E., & Sugiman, S. (2024). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI TEKNOLOGI ABAD-21: Berpikir Kreatif dengan Teknologi. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 22–34. Retrieved from https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/294

Issue

Section

Articles