KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI TEKNOLOGI ABAD-21
Berpikir Kreatif dengan Teknologi
Keywords:
Kemampuan Berpikir, Kreatif, TeknologiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi trend penelitian pendidikan matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan bantuan teknologi. Metode pada penelitian ini adalah Systematic Literature Research (SLR) yang mengarah untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan artikel yang relevan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan aplikasi publish or perish dengan kata kunci kreativitas matematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif berbasis teknologi memiliki banyak celah untuk dilakukan penelitian. Pada (RQ1) ditemukan celah untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui kefeektifan media yang dikombinasikan dengan berbagai pendekatan, selain itu ditemukan celah untuk media seperti scratch dan sebagainya. Pada (RQ2) ditemukan celah untuk melakukan penelitian pada materi statistik di sekolah, pada perguruan tinggi ditemukan celah pada mata kuliah media pembelajaran matematika dan strategi belajar mengajar matematika, sedangkan untuk metode penelitian ditemukan celah pada mix method. Pada (RQ3) trend penelitian yang ditemukan adalah penggunaan media geogebra berbasis android untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis.
References
Adhiwibowo, B., & Karyati. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada kreativitas matematis. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 174–183.
Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2244
Ardiansyah, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. Jumlahku, 6(2), 145–155.
Astuti, V. D., Muthmainnah, R. N., & Rosiyanti, H. (2021). Pengembangan media pembelajaran aplikasi pokamathh pada materi aljabar kelas VII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 1–10. Retrieved from jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc
Azizah, R. D., Fitri, F., & Nuri, B. (2023). Menumbuhkan Keyakinan Siswa melalui Keterampilan Dan Kreativitas Guru Serta Peranan Teknologi Di Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Edukasi Matematika Sains, 4(1), 40–44.
Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1174
Harahap, R., Ahmad, N. Q., & Fiteri, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Kreativitas Matematis Siswa melalui Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) berbasis Project Based Learning (PjBL). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3479–3488. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2621
Hendri, S., Kenedi, A. K., Suherman, D. S., & Arini, F. D. (2023). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Sains Teknologi Enjiring dan Matematika untuk Guru Sekolah Dasar. MONSU’ANI TANO, 6(1), 124–132.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Ismail, R., & Imawan, O. R. (2021). Meningkatkan Penguasaan TPACK Guru Di Papua Melalui Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(1), 277–288.
Jubaerudin, J., Supratman, & Santika, S. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 178–189.
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344
Lestari, M. (2022). Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa Tadris Matematika Ditinjau dari Kemampuan Daya Nalar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (2022), 161–169. Kudus: NCOINS.
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (3rd ed.). Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Munandar, U. (2020). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah (3rd ed.). Jakarta: Grasindo.
Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830
Nugroho, A. M., Wardono, Waluyo, S. B., & Cahyono, A. N. (2019). Kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari adversity quotient pada pembelajaran TPACK. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 41–43. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28862
Nuraenahfisah, N., & Toheri, T. (2013). PENGARUH PENGGUNAAN SCRATCH TERHADAP KREATIVITAS BERFIKIR MATEMATIS (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 2(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v2i1.65
Nurhayati, N., & Rahardi, R. (2021). Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam mengembangkan media pembelajaran matematika saat pandemi covid-19. Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 331–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.331-342
Prasetya Subakti, D., Marzal, J., Haris Effendi Hsb, M., Studi Magister Pendidikan Matematika, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Jambi, U., … Jambi, K. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249–1264. Retrieved from https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/629
Purnomo, J. (2021). Kebermanfaatan Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(1), 9–22. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v8i1.211
Puspitawati, N. M., Santyasa, I. W., & Agustini, K. (2018). Pengaruh Media Geogebra Terhadap Motivasi Dan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Smk Negeri 1 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(3). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i3.2286
Rahmawati, N. D., Rodliyah, I., & Saraswati, S. (2023). Analisis Penerapan Strategi Blended Learning dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 516–526. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1607
Rochmad, R., & Ulinnuha, R. (2020). Blended learning Menggunakan Gnomio untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 476–481. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37647
Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 511–520. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.866
Setiyadi, D., Fortuna, D., & Ramadhan, A. B. (2022). Pemanfaatan Video Kreatif dan Media Sosial Youtube sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 31–42. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.344
Sinaga, D. K. (2021). Analisis kemampuan kreativita matematis siswa berbasis zoom pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Swasta Budi Murni 2 Medan tahun ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 83–90.
Siregar, H. M., Solfitri, T., & Anggraini, R. D. (2022). Analisis Kebutuhan Modul Kalkulus Integral ( Need Analysis of Integral Calculus Module To Improve. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 16–26.
Siregar, N. U., Pulungan, F. K., Thahara, M., Dalimunthe, N. F., Fakhri, N., Herawati, N., … Saragih, R. M. B. (2023). Penerapan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(3), 8151–8162. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1602
Sudihartinih, E., Novita, G., & Rachmatin, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Topik Luas Daerah Segitiga Menggunakan Aplikasi Scratch. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1390–1398. Retrieved from https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/643
Susilawati, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 512–525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.244
Suwarsono, R. M., & Muhid, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 136–146. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14555
Waluyo, E. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMA dengan Model Creative Problem Solving Terintegrasi TPACK. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 6(1), 11–20.
Wijaya, A. J., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2022). Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 108. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.10866
Yustina, A. F., & Yahfizham, Y. (2023). Game Based Learning Matematika dengan Metode Squid game dan Among us. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 615–630. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1946
Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 286. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194