PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DAN TEORI VYGOTSKY
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.24Keywords:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Pembelajaran tipe STAD dan Vygotsky.Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMK Sunan Drajat Lamongan, jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tiga tahapan utama yang dimodifikasi dari Borg & Gall (1989), yakni : 1) Pengumpulan data awal dan perumusan tujuan, 2) Pengembangan RPP Awal, dan 3) Pelaksanaan (Validasi, Revisi, serta Uji keterlaksanaan I dan Uji keterlaksanaan II). Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah ; 1) uji keterlaksanaan I dan uji keterlaksanaan II; 2) angket yang telah divalidasi oleh ahli bahasa, ahli pembelajaran dan ahli materi (judgement experts). Selanjutnya, data yang diperoleh berupa hasil angket dianalisis secara kuantitatif dan saran atau masukan dari ahli bahasa, ahli pembelajaran, ahli materi, dan praktisi dideskripsikan secara kualitatif. Pada penelitian ini masing-masing validator menyatakan layak sesuai dengan jawaban penyekoran yang ada di angket pada masing-masing ahli yaitu ahli bahasa, ahli pembelajaran dan ahli materi, sedangkan hasil review dari praktisi juga menyatakan layak sesuai dengan hasil jawaban penyekoran yang ada dalam angket dan efektif berdasarkan nilai ketuntasan belajar siswa pada tes kognitif dan penilaian afektif pada uji keterlaksanaan I dan uji keterlaksanaan II. Dengan demikian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara keseluruhan mendapat penilaian dan tanggapan yang baik dari para ahli, praktisi, maupun siswa, sehingga dapat dikatakan layak digunakan sebagai rencana pembelajaran matematika sekolah menengah kejuruan di kelas
References
Astuti Muh. Amin, 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Kontruktivisme Berdasarkan Teori Sosial Vygotsky di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Sainsmat Universitas Veteran RI Makassar, September 2012, Halaman 109-124.
Arikunto, S, 2010. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Azrai, E. P & Refirman, 2013. Efektifitas Penerapan e- book sebagai Sumber Belajar Mandiri dalam Pembelajaran Biologi. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.
Bakti, I, 2005. Implementasi STAD pada Pembelajaran Konsep Pupuk dan Peptisida di SMAN 2 Banjarmasin. Jurnal Kependidikan dan Kebudayaan Vidya Karya ISSN 0215-9619 Tahun XXIII. Banjarmasin : Universitas Lambung Mangkurat.
Hardini & Puspitasari, 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, & Implementasi). Yogyakarta : Familia.
In’am, 2012. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Metakognitif. Malang : Selaras.
Kirna, dkk, 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Kemampuan Abstraksi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. E-jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran Vo. 4 Tahun 2014.
Masykur & Fathani, 2007. Mathematical Intelligence Yogyakarta : Ar-Ruzz media.
Putrama, 2012 Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stident Team Achievement Division (STAD) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan hasil Belajar IPA Kelas IV-A SD negeri 08 Kepahiang. Jurnal J-TEQIP, Tahun III, Nomor 1, Mei 2012.
Rusiyanti, 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Kontruktivisme untuk melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No. 2, 2 Juli 2011.
Suyono & Hariono, 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori Konsep Dasar. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Setyosari P, 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sriyanto, H.J, 2007. Easy Math. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.