ANALISIS LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA DITINJAU BELIEF MATHEMATICS
ANALISIS LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA DITINJAU BELIEF MATHEMATICS
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2309Keywords:
literasi matematis, penyajian data, belief mathematicsAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi matematis peserta didik pada materi penyajian data ditinjau dari belief mathematics berdasarkan tiga tingkatan, yaitu tertinggi, sedang, dan terendah. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket belief mathematics, soal tes literasi matematis dan wawancara. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yang terdiri dari angket Belief Mathematics untuk mengidentifikasi tingkat Belief Mathematics peserta didik dalam matematika, serta soal literasi matematis untuk menilai kemampuan matematika peserta didik pada materi penyajian data. Subjek dalam penelitian ini dipilih secara purposive dengan melibatkan peserta didik dalam pengkategorian belief mathematics dan memenuhi aktivitas dari indikator proses literasi matematis yaitu Employ serta mampu berkomunikasi dengan baik. Teknik analisis data dalam penelittian ini mencakup tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan kategori belief mathematics tertinggi (S-11) mampu memenuhi seluruh tahapan aktivitas dari penerapan konsep, fakta, prosedur, serta penalaran matematis (Employ). Serta peserta didik dengan kategori belief mathematics sedang (S-3) dan belief mathematics rendah (S-4) hanya dapat memenuhi beberapa tahapan aktivitas dari proses penerapan konsep, fakta, prosedur, serta penalaran matematis (Employ).
References
Dewi, H. F., Prabawati, M. N., & Natalliasari, I. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Berdasarkan Belief Mathematics dalam Menyelesaikan Ill Structured Problems. Jurnal Kongruen, 2(1), 20–29.
Fauziah, A. N., Yurniwati, Y., & Lestari, I. (2024). Mathematical Belief : Pengaruh Sikap Keyakinan Siswa pada Matematika terhadap Ketercapaian Pembelajaran. Edumatnesia, 44–53.
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
Hamidah, D. T., & Widodo, A. N. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Studi Pisa Konten Perubahan Dan Hubungan (Change And Relationship). Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 717–728.
Isharyadi, R., & Deswita, H. (2017). Pengaruh Mathematical Beliefs Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma. Pythagoras, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V6I1.596
Izzatul, W. H. (2017). Analisis Belief Matematik Siswa Tingkat SMP. Journal of Medives, 1(1), 49–58.
Lindawati, S. (2018). Literasi Matematika Dalam Proses Belajar Matematika Di Sekolah Menengah Atas. 1(1), 28–33.
Miftahul Jannah, & Miftahul Hayati. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40–54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.
Putri Imran, A., Kadir, & Anggo, M. (2018). Analisis Literasi Matematik dan Keyakinan Matematik Siswa SMA Negeri di Kota Kendari. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.30000
Rodhi. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Minat Siswa pada Materi Tranformasi. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 167–177. https://doi.org/10.15294/jpk.v7i2
Santoso, R. M., & Setyaningsih, N. (2020). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Bentuk Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 62–71.
Soesanto, R. H., Rahayu, W., & Kartono, K. (2020). Keyakinan Matematis Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Matematika [Mathematical Beliefs And The Self-Regulated Learning Of Students In A Mathematics Education Study Program]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 31–44. https://doi.org/10.19166/johme.v4i1.2637
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.