PENGARUH MEDIA QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 NANGAPANDA
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2290Keywords:
quizizz, motivasi belajar, aktivitas belajar, pembelajaran matematikaAbstract
Rendahnya motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika masih menjadi kendala dalam proses pembelajaran. Hal ini umumnya disebabkan oleh penggunaan metode yang monoton dan minimnya media interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap motivasi dan aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Nangapanda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu one group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa angket motivasi dan lembar observasi aktivitas belajar. Prosedur meliputi pretest, pembelajaran menggunakan Quizizz, dan posttest. Hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa sangat baik dengan capaian 86%. Hasil angket pretest menunjukkan 63,33% siswa memiliki motivasi rendah. Setelah penggunaan Quizizz, terjadi peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata N-Gain berada pada kategori tinggi untuk kedua variabel. Uji Wilcoxon Signed Rank Test menghasilkan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, media Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa.
References
Aini, S. N., Waluya, S. B., & Prabowo, A. (2023). Jurnal phenomenon. 13(2), 283–295.
Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288
Asri, S. D., T, A. Y., Siregar, N., & Meldi, N. F. (2024). TANTANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA : PERSPEKTIF NEGATIF MAHASISWA TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN SIMBOL SERTA RUMUS. 17(2019), 163–173.
Devinra, D., Hadiana, O., Nasrulloh, S. F., Fahrudin, S., & Casnan, C. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Digital Quizizz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 10(1), 13–26. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v10i1.9292
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735
Lailatul Inayah, U., Anisah, N., Fitria, L., Nisak, K., Muhimah, S. N., Manajemen, P., & Universitas Gresik, P. (2024). Analisis Peran Guru Sebagai Fasilitator Siswa Dalam Pembelajaran Di Kelas Pada Upt Satuan Pendidikan Sdn Bendungan. Journal, 1(2), 84–93.
Menkasari, K. S., Purnamasari, V., & Paryuni. (2024). Profil Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas II SDN Gajahmungkur 04. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 7(1), 52–57. https://ejournal.unib.ac.id/dikdas/article/view/33198
Noptario, N., Rizki, N., Nur’aini, N., & Ningrum, E. C. (2024). Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka: Upaya Penguatan Keterampilan Abad 21 Siswa di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 656–663. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.813
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Rahman, S. (2021). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR.