ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Mayliza Gupi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanifah Hanifah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2286

Keywords:

motivasi, belajar, pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan lima aspek, yaitu dorongan dan kebutuhan untuk belajar, perhatian dan minat terhadap tugas, ketekunan dalam menghadapi tugas, keuletan dalam menghadapi kesulitan, serta hasrat dan keinginan untuk berhasil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek sebanyak 65 siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar dengan 20 pernyataan yang dianalisis menggunakan skala sikap: sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 75,42%. Temuan ini mengindikasikan bahwa hampir seluruh siswa telah memiliki motivasi belajar yang baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa secara umum, siswa menunjukkan motivasi belajar yang positif dalam konteks pembelajaran matematika. Namun, masih diperlukan upaya peningkatan pada beberapa aspek tertentu untuk mengoptimalkan keterlibatan siswa dan meningkatkan hasil belajar mereka secara keseluruhan.

References

Budi, N. I. S., Pratiwi, I. A., & Riswari, L. A. (2024). Minat dan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Papeda; Vol, 6(2).

Budiyani, A., Marlina, R., & Lestari, K. E. (2021). Analisis motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Maju, 8(2), 502080.

Fatimah, A. F. N., & Ummah, S. K. (2024). Identifikasi Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Kota Pasuruan. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 220-231.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2022). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Niswah, N., & Malasari, P. N. (2023). Faktor penyebab motivasi belajar matematika pada peserta didik. Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education (Quadratic), 3(1), 24–31. https://doi.org/10.14421/quadratic.2023.031-03

Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29-38.

Opinsi, D., & Kurniah, N. (2022). Penerapan Realistics MathematicsEducation (Rme) Untuk Meningkatkan Ketekunan Dan Prestasi Belajar Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 31-41.

Perdana, I. P. A., & Valentina, T. D. (2022). Faktor-Faktor yang memengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar: Literature Review. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12), 16897-16916.

Ruhma, S. S. Z. (2024). Pengaruh Motivasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di SMP Plus Persis Panumbangan. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(1), 15-28.

Silviani, R., & Amelia, R. (2023). Motivasi belajar siswa SMP dalam pembelajaran matematika pasca pandemi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), 1611-1618.

Sofiyah, K., Nasution, N. E., Amelia, A., & Hutagalung, L. A. (2025). Pengaruh Kesadaran Siswa Terhadap Pentingnya Matematika dalam Karir di Era Digital dan Ekonomi Berbasis Pengetahuan. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(1), 111-118.

Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.

Waritsman, A. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1).

Wasiah, U. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika siswa SMP dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 307-317.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Gupi, M. ., & Hanifah, H. (2025). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 232–239. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2286

Issue

Section

Articles