ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2284Keywords:
kemampuan pemecahan masalah, metakognisi, sistem persamaan linear dua variabelAbstract
Kemampuan pemecahan masalah penting dimiliki oleh siswa agar dapat mengatasi kesulitan yang ditemui untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dapat 1) mengidentifikasi informasi yang diketahui, ditanyakan, dan informasi yang dibutuhkan, 2) menyusun masalah tersebut ke dalam model matematika, 3) menerapkan strategi dalam menyelesaikan masalah, dan 4) menjelaskan hasil sesuai dengan permasalahan awal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa siswa kelas VII MTs Negeri 5 Gunungkidul pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 6 siswa. Enam subjek penelitian ini dipilih dari 3 kategori, yaitu kemampuan metakognisi tinggi, kemampuan metakognisi sedang, dan kemampuan metakognisi rendah, dan masing-masing kategori diambil 2 subjek penelitian. Instrumen yang digunakan yaitu soal kemampuan pemecahan masalah matematis materi SPLDV. Analisis data dilakuakn dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan siswa dengan kemampuan metakognisi tinggi cenderung lebih mampu dalam merencanakan langkah penyelesaian, memantau proses berpikir, serta mengevaluasi hasil akhir secara mandiri dan reflektif. Hal ini menunjukkan bahwa metakognisi memainkan peran penting dalam keberhasilan pemecahan masalah matematika.
References
Guner. P & Erbay. H. N. (2021). Metacognitive Skills and Problem-Solving. International Journal of Research in Education and Science, 7(3), 715-734.
Kosasih S.A & Zulkarnaen, R. (2023). Analisis Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kesadaran Metakognitif. Sesiomadika: Journal Uniska, 4(1), 510-517.
Izzati L. & Mahmudi A. (2018). The Influence of Metacognition in Mathematical Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 012107.
NCTM. (2020). Principles to Actions: Ensuring Mathematical Success for All. National Council of Teachers of Mathematics.
OECD. (2019). PISA 2018 Result: What Students Know and Can Do (Volume I). Paris: OECD Publishing.
OECD. (2019). Future of Education and Skills: OECD Education 2030 Framework. Paris: OECD Publishing.
Polya, G. (1973). How to Solve It. Princeton University Press.
Polya, G. (2020). How to Solve It: A New Aspect of Mathematica; Method. Pricetoon University Press.
Praktikno, H & Retnowati, E. (2018). How Indonesian Students Use the Polya’s General Problem Solving Steps. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 8(1), 39-48.
R. Fadillah, Budiyono, & Nurhasanah. (2021). The Analysis of Student’s Metacognition in Solving Math Problems Based on Self-Efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1808, 012062.
Rahayu. R, Kartono, Dwijanto, Agoestanto. A. (2023). Problem-Solving Process of Students with a Reflective Cognitive Style Based on the Action-Process-Object-Schema-Theory. European Journal of Educational Research, 12(1), 41-58.
Ratnasari & Safarini. D. (2022). Common Difficulties of Eight Grade Students When Solving When Solving Non-Routine Mathematics Problems. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(1), 67-77.
Silaban, B., & Darhim, D. (2021). Kemampuan Metakognisi Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 123–134.
Suciyati, S., & Hardiyansyah, H. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Metakognisi pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 133-139.
Wijaya, A. (2018). Students’ Difficulties in Solving Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 9(2), 129-140
Wildani, J. (2018). The Analysis of Students’ Difficulties in Solving PISA Mathematics Prolems. International Conference on Mathematics and Islam (ICMIs 2018), 246-252.
William, S. K & Maat, S.M. (2020). Understanding Students’ Metacognition in Mathematics Problem Solving: A Systematic Review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 5(2), 115-127.
Wulansari, K. T., Rohana, R., & Marhamah, M. (2021). Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Mathema, 3(2), 45–56.
Yusoff M.S.B. (2019). ABC of Content Validation and Content Validity Index Calculation. Education in Medicine Journal, 11(2), 29-54.