DESAIN DAN IMPLEMENTASI LEARNING OBSTACLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGOPTIMALKAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI PELUANG KEJADIAN MAJEMUK
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2283Keywords:
Learning Obsecal,, berpikir kreatif, peluang, kejadian majemukAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar pada materi peluang kejadian majemuk di kelas XII. Jenis penelitian ini adalah Design Research yang dikemukakan oleh Gravemeijer & Cobb, dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu tahap persiapan penelitian, pelaksanaan di kelas, dan analisis retrospektif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Banjarsari dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa kelas XII MIPA 3, dan terdiri dari dua siklus pembelajaran. Materi yang dikaji meliputi: 1) siklus pertama: penyusunan ruang sampel melalui daftar dan tabel pada konteks permainan sederhana, dan 2) siklus kedua: penyusunan ruang sampel dengan diagram pohon serta menentukan peluang kejadian majemuk. Instrumen penelitian yang digunakan adalah hipotesis lintasan belajar, dan data dikumpulkan melalui observasi, tes berpikir kreatif matematis, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar pada materi peluang kejadian majemuk yang dirancang dengan pendekatan Learning Obstacle (Observation-Based Student-Centered Learning) dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dan mendukung pengembangan berpikir kreatif siswa. Lintasan belajar yang dihasilkan berupa alur kegiatan dan aktivitas siswa yang dirancang untuk membangun pemahaman secara bertahap dan bermakna, serta mendorong kelancaran, keluwesan, dan elaborasi dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana hipotesis lintasan belajar dalam pendekatan Obstacle dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika
References
Adolph, R. (2016). Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. 01(2), 1–23.
Almeida, L. S., Prieto, L. P., Ferrando, M., Oliveira, E., & Ferrándiz, C. (2008). Torrance Test of Creative Thinking: The question of its construct validity. Thinking Skills and Creativity, 3(1), 53–58. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2008.03.003
Anderson, J. R., Reder, L. M., & Simon, H. a. (2000). Applications and Misapplications of Cognitive Psychology to Mathematics Instruction. Texas Education Review, 1(2), 29–49. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ625864&site=ehost-live
Bogar, Y. (2019). Literature review on inquiry-based learning in science education. International Journal of Science and Education, 1(2), 91–118. https://academic.microsoft.com/paper/2946125952
Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2013). Design research from the learning design perpective. Educational Design Research-Part A: An Introduction, 2004, 45–85.
Hidayatulloh, M. K. Y., Muslim, S., Rahmadyanti, E., Ismayati, E., & Kusumawati, N. (2020). Level of Creative Thinking Effect Through Multiple Solution Task Type Problem-Solving on Learning Outcomes. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 5(1), 177. https://doi.org/10.26737/jetl.v5i1.1821
Indarasati, N. A., Abadi, A., & Lukito, A. (2019). Enhancing Students’ Creative Thinking through Inquiry-Based Learning Integrating Mathematical Tools. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(2), 91–95. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i2.113
Joklitschke, J., Rott, B., & Schindler, M. (2022). Notions of Creativity in Mathematics Education Research: a Systematic Literature Review. International Journal of Science and Mathematics Education, 20(6), 1161–1181. https://doi.org/10.1007/s10763-021-10192-z
Liljedahl, B. P. (2021). What Is Building Thinking Classrooms ? What ’ s Missing ? How do We Get Students to Think ?
Mundy, J. F. (2000). Principles and standards for school mathematics: A guide for mathematicians. Notices of the American Mathematical Society, 47(8), 868–876.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766
Prince, M. J., & Felder, R. M. (2006). Inductive teaching and learning methods: Definitions, comparisons, and research bases. Journal of Engineering Education, 95(2), 123–138. https://doi.org/10.1002/j.2168-9830.2006.tb00884.x
Susana Yenny, & Imam Jayanto. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran (Issue April).
Susilawati, S., Prabowo, A., Zaenuri, Z., & Waluya, B. (2024). Developing creative thinking abilities in mathematics education: A systematic literature review. Contemporary Educational Researches Journal, 14(1), 1–16. https://doi.org/10.18844/cerj.v14i1.9256
Wicaksono, A. B., Khabibah, S., & Masriyah, M. (2022). Konsepsi Guru Matematika SMA tentang Berpikir Kreatif. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(03), 249–255. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i03.22667