MOBILBUT: INOVASI ALAT PERAGA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

Authors

  • Deby Noviani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Arvin Efriani Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Feli Ramury Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2270

Keywords:

alat peraga, bilangan bulat, mobilbut

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan dari alat peraga MOBILBUT (Musi Operasi Bilangan Bulat). Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas VII. A MTs Hidayatul Islamiah dan tiga validator. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Namun, penelitian ini hanya dibatasi hingga tahap Development. Data dikumpulkan melalui lembar validasi dan angket tahap one to one, dengan hasil validasi mencapai skor 83,9  dan angket 83,3%. Temuan ini menunjukkan bahwa alat peraga efektif dalam memberikan pemahaman visual dan kreatif serta mengintegrasikan konsep etnomatematika, sehingga dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran matematika.

References

Ainurriza, R., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2020). Etnomatematika Pada Candi Selogending Di Desa Kandangan Sebagai Sumber Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Of Primary Education, 1(3), 283–302.

Aji, S. B., Widjanarko, D., Studi, P., Teknik, P., & Semarang, U. N. (2020). Pengembangan Alat Peraga Wireless Turn Signal System Pada Mata Kuliah Praktik Kelistrikan Bodi Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan ( JIPTEK ), 13(1), 149–154.

Anafi, K., Wiryokusumo, I., Leksono, I. P., Komputer, P. K., & Education, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Model Addie Menggunakan Software Unity 3D. Jurnal Education and Development, 9(4), 433–438.

Anggraini, Y. P., Maimunah, & Hutapea, N. M. (2022). Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Bagi Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 2391–2404.

Apriani, F. N., Novaliyosi, & Jaenudin. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) dengan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 88–96.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnala Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.

Arifin, E. A., Rahayu, D. W., Hidayat, M. T., & Rulyansah, A. (2023). Pengembangan Alat Peraga Tata Surya Untuk Meningkatkan Pemahaman IPA pada Materi Tata Surya Siswa Kelas VI SDN Benowo III Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12765–12771.

Audina, S., Nahdi, D. S., & Sudianto. (2023). Analisis pemahaman konsep matematis siswa pada operasi penjumlahan bilangan bulat menggunakan media garis bilangan. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11–17.

Fajar, M., Syawaludin, A., Aulia, D., Ningrum, S., Aulia, Q., Ramadan, W. F., Paramita, T., Yanti, Y., & Tasyah, W. N. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Dengan Model Scaffolding Kelas VII MTs Nurul Islam. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 10–14.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie ( Analysis , Design , Development , Implementation And Evaluation ) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 01(01), 28–37.

Laamena, N. S., & Talib, T. (2024). Pendampingan Penggunaan Alat Peraga Operasi Bilangan Bulat pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri 12 Ambon. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 153–160.

Nabihah, M., & Muthi, I. (2024). Penggunaan Alat Peraga Papan Obibul Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(7), 296–302.

Nasihah, S. A., & Utami, R. P. (2024). Validitas Dan Kepraktisan Hasil Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbasis Tem-Pjbl Pada Materi Invertebrata Di Kelas X SMA Dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inkredibel, 1(2), 116–123.

Nurholipah, S., Nulhakim, L., & Biru, L. T. (2023). Pengembangan E-Majisains pada Pembelajaran IPA Tema Pengelolaan Si Hijau untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 830–835.

Pangke, R., Rene, J. C., & Komansilan, A. (2021). Pengembangan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Penerapan Konsep Hukum Pascal Untuk Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Charm Sains, 2(2), 75–82.

Ratnasari, C., Sariningsih, R., & Hendriana, H. (2023). Analisis kesulitan siswa kelas vii pada materi bilangan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(6), 2195–2206. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i6.20761

Siroj, R. A., Afgani, W., Septaria, D., Zahira, G., Kuantitatif, P., Ilmiah, P., & Data, A. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah Untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 11279–11289.

Siswanto, R., Jumri, R., Ariani, N. M., Riwayati, S., Adriadi, R., & Matematika, H. B. (2024). Penggunaan alat peraga obibul untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas viib. Journal, Communnity Development, 4(6), 13678–13683.

Triyono, R., Putri, D. A., Ardiningrum, D., Nuramalia, S., Patmawati, H., & Amarulloh, S. I. (2024). Eksplorasi Etnomatematika : Konsep Simetri Pada Pola Gerak Tari Merak. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 67–82.

Unaenah, E., Sutisna, A., Utami, W. D., Shafani, H. T., Insan, K., Wijaya, R. R., Anzani, R. W., Ramadhani, V., & Tangerang, U. M. (2020). Analisis pembelajaran bilangan bulat dengan alat permainan edukatif untuk meminimalisir miskonsepsi peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 134–152.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Noviani, D. ., Efriani, A., & Ramury, F. (2025). MOBILBUT: INOVASI ALAT PERAGA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 111–121. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2270

Issue

Section

Articles