MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI SMP NEGERI 3 BOLAANG

Authors

  • Moh. Algifari Iskandar Universitas Negeri Manado
  • Anekke Pesik Universitas Negeri Manado
  • Selfie Kumesan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2267

Keywords:

Model Teams Games Tournament (TGT), Hasil belajar siswa, Aritmatika sosial

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi Aritmatika Sosial. Desain penelitian yang digunakan adalah: Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 3 Bolaang sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VII C dengan jumlah siswa 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan rata-rata skor posttest kelas eksperimen adalah 84,2 sedangkan untuk rata-rata skor posttest kelas kontrol yaitu 72. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan α = 0,05 dimana diperoleh thitung > ttabel  yakni 8.562 > 1.729 dengan nilai signifikan (2 tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil tersebut maka model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Aledya, V. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa. May, 0–7.

Astriana, M., Murdani, E., & Mariyam, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Operasi Bilangan Pecahan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 27-31.

Boaler, J. (2020). Limitless Mind: Learn, Lead, and Live Without Barriers. HarperOne.

Devasyah, M. D., & Erman, E. (2023). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(2), 116-121.

Handayani, N. P. R., & Abadi, I. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120-131.

Nirfayanti, N., & Syamsuriyawati, S. (2025). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Aktif, Kolaborasi, Dan Induktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematika Siswa SMP. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 46–60. https://doi.org/10.36277/defermat.v7i1.316

Lestari, P. T., Sudibyo, E., & Aulia, E. V. (2023). Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 16-21.

Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemandirian belajar dan peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematik peserta didik SMPN 1 kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209664.

Rahman, A., Juniarisca, D. L., Kartiko, D. C., & Prakoso, B. B. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket. Journal of Education Research, 5(3), 3800-3808.

Rahmawati, R. (2018). Teams Games Tournament (TGT) sebagai strategi mengaktifkan kelas dengan mahasiswa yang mengalami hambatan komunikasi. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(2), 70-76.

Sukiyanto, S. (2018). Pengembangan Rencana Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe STAD Dan Teori Vygotsky. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 31–41. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.24

Yuniarti, S., & Sari, T. H. N. I. (2022). Pemanfaatan Fitur Breakout Room Zoom Untuk Mendukung Model Pembelajaran Kooperatif Di Masa Pandemi Covid-19. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 66–73. Retrieved from https://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/185

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Iskandar, M. A., Pesik, A., & Kumesan, S. (2025). MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI SMP NEGERI 3 BOLAANG. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 104–110. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2267

Issue

Section

Articles