OPTIMALISASI PEMANFAAT TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII DAN IX SMP NEGERI 9 SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2249Keywords:
Pembelajaran Matematika, Teknologi Digital, Sekolah Menengah PertamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan teknologi digital, khususnya aplikasi power point, dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 9 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan guru dan siswa serta observasi langsung terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital, seperti power point dan LCD proyektor, telah meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, terdapat tantangan dalam hal fokus siswa dan perlu adanya inovasi dalam desain materi agar pembelajaran tetap menarik. Secara keseluruhan, pemanfaatan teknologi digital terbukti memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran matematika di kelas VII
References
nnisa, N., Sholihah, F., & Nafisah, A. (2023). Implementasi Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas V MIN 2 Bantul. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4949–4958.
Putra, L., Febriyah, J., & Sholihah, N. (2023). Implementasi Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas V MIN 2 Bantul. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4949–4959.
Riska Aini Putri. (2023). Pengaruh Teknologi dalam Perubahan Pembelajaran di Era Digital. Journal of Computers and Digital Business, 2(3), 105–111. https://doi.org/10.56427/jcbd.v2i3.233
Said, S., Program, D., Ekonomi, S. P., & Bima, S. (2023). Peran Teknologi sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi, 6(2).
Sari, A. P., & Munir, M. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektivitas Kegiatan di Kelas. Digital Transformation Technology, 4(2), 977–983. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.5127
Sherly Putri Revika, & Yahfizham Yahfizham. (2023). Studi Literatur Analisis Algoritma Pemrograman Pengaruh Computational Thinking pada Pembelajaran Matematika. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(1), 17–29. https://doi.org/10.59841/saber.v2i1.606
Sihombing, L. (2021). Media Pembelajaran Power Point: Upaya Peningkatan Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan. JCOMENT, 2(2), 1–18.
Siti Aisyah, Ayu Fitriya Ramadani, Anggita Eka Wulandari, & Choli Astutik. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 3(1), 388–401. https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1565
Skripsi, H. :, Wahyu, S., & Leksono, D. (2023). NOTA PEMBIMBING. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.
Solikah, N., & Ardhani, D. (2024). Etnomatematika dalam Pengungkapan Konsep Geometri pada Permainan Tradisional Engklek. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/SEMANTIK/index