TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PERKULIAHAN MATEMATIKA: MENGINTEGRASIKAN YOUTUBE, WHATSAPP, DAN GOOGLE FORM
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2243Keywords:
Perkuliahan, youtube, WhatsApp, google formAbstract
Perkembangan teknologi memberi kemajuan dalam dunia pendidikan. Banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan bagaimana proses perkuliahan yang mengkombinasikan youtube, group WhatsApp, dan google form. Metodologi yang digunakan dalam penelitian berupa penelitain kualitatif dengan pendekatan naratif. Dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam proses perkuliahan yang memanfaatkan youtube, WA group, dan google form menjadi informan dalam penelitian ini. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan triangulasi. Hasil peneltian mendapatkan bahwa dosen dapat mengatasi persoalan waktu tatap muka yang kurang dengan memanfaatkan ketiga aplikasi dalam proses perkuliahan. Proses perkuliahan dilakukan oleh dosen dengan cara memanfaatkan video youtube sebagai materi yang harus dipelajari oleh mahasiswa sebelum dimulainya perkuliahan tatap muka. Kemudian WhatsApp group digunakan dosen untuk membagikan video youtube ke mahasiswa dan dapat mengatahui mahasiswa yang belum membaca maupun yang sudah melalui info group. Selain itu, dosen dapat memantau proses pembelajaran materi secara mandiri dengan menginstruksikan mahasiswa membuat laporan hasil belajar mandiri yang diunggah ke google form. Perkuliahan yang dilakukan oleh dosen dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi secara komprehensif. Mahasiswa terbantu dalam memahami materi perkuliahan dengan pemanfaat ketiga aplikasi. Oleh sebab itu, pemanfaatan teknologi khususnya kombinasi youtube, WhatsApp group, dan google form dapat dijadikan alternatif bagi dosen maupun guru dalam mengatasi persoalan kurangnya jam belajar tatap muka
References
Ardiansyah, M. (2020). Analisis Penerapan Media Google form untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Program Multimedia SMK Islam Perti Jakarta. E-Journal Ups, 10(2), 102–106. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.339
Aritonang, I., & Safitri, I. (2021). Pengaruh Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 735–743. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.555
Bans-Akutey, A., & Tiimub, B. M. (2021). Triangulation in Research. Academia Letters, September. https://doi.org/10.20935/al3392
Bartolome, A., & Niu, S. (2023). A Literature Review of Video-Sharing Platform Research in HCI. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, 1(1). https://doi.org/10.1145/3544548.3581107
Clandinin, D. J. (2013). Engaging in Narrative Inquiry. In Left Coast Press (1st Editio). Left Coast Press. https://doi.org/10.4324/9781315429618
Damayanti, R., Janan, T., Nuryami, Sitaresmi, P. D. W., & Nurhidayati. (2022). Studi Literatur : Media Pembelajaran Online di Masa Pendemi. Aljabar, 1(2), 57–62. https://doi.org/10.46773/aljabar.v1i2.427
Haeruman, L. D., Wijayanti, D. A., & Meidianingsih, Q. (2021). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 80–84. https://doi.org/10.21009/jrpms.051.10
Hamzah, F., Mujib, A., Firmansyah. (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology Pada Pelajaran Matematika 1). Januari, 10(1), 95–104. https://doi.org/10.31941/delta.v10i1.1501.
Haryadi, M. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. https://doi.org/10.10358/jk.v5i1.588
Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 153. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108
Isnaini, J. F., & Azhar, E. (2021). Mathematics learning independence: The relationship of youtube as a media for mathematics learning. Desimal: Jurnal Matematika, 4(2), 177–184. https://doi.org/10.24042/djm
Keban, M. L., Nahak, S., & Kelen, Y. P. K. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(2), 17. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3627
Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 8–19. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827
Luaran, J. E., Sardi, J., Aziz, A., & Alias, N. A. (2016). Envisioning the Future of Online Learning: Selected Papers from the International Conference on e-Learning 2015. https://doi.org/10.1007/978-981-10-0954-9
Maggi, L., Gkatzikis, L., Paschos, G., & Leguay, J. (2018). Adapting Caching to Audience Retention Rate. Computer Communications, 116(July 2018), 1. https://doi.org/10.1016/j.comcom.2017.11.015
Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2339
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nopitasari, E., Rahmawati, F. P., & Ratnawati, W. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Blog pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1935–1941. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/699
Nugraha, D. G. A. P., Astawa, I. W. P., & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap pemahaman konsep dan kelancaran prosedur matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 75–86. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.20074
Nurhasanah, N. (2016). Kontribusi Persiapan Mengikuti Perkuliahan Terhadap Prestasi Belajar (Studi Deskriptif Analitik Terhadap Mahasiswa FKIP Unsuyiah). Jurnal Suloh, 1–9.
Orús, C., Barlés, M. J., Belanche, D., Casaló, L., Fraj, E., & Gurrea, R. (2016). The effects of learner-generated videos for Youtube on learning outcomes and satisfaction. Computers and Education, 95, 254–269. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.01.007
Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2015). Purposeful Sampling for Qualitative Data Collection and Analysis in Mixed Method Implementation Research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42(5), 533–544. https://doi.org/10.1007/s10488-013-0528-y
Pambudi, R., Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2018). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017 / 2018. Jurnal Pendidikan, 28(2), 175–182. https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.345
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281
Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The Effectiveness of Youtube as an Online Learning Media. Journal of Education Technology, 5(1), 152–158. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628
Riessman, C. K. (2008). Narrative Methods for the Human Sciences. In Jurnal Sains dan Seni ITS (Vol. 6, Issue 1). Sage Publications.
Riyanti, Y., Wahyudi, & Suhartono. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309–1317. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.554
Sari, R. H. Y. (2022). Respon Mahasiswa terhadap Metode Meresume di Youtube sebagai Metode Pembelajaran Daring Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 601–614. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1274
Sirri, E. L., & Lestari, P. (2020). Implementasi Edpuzzle Berbantuan WhatsApp Group Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 67–72. https://doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.1830
Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 melalui Grup WhatsApp ? Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(03), 1–25. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.12896
Suwarno, M. (2017). Potensi Youtube Sebagai Sumber Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1989
Yusri, R. (2021). Penerapan Model Blended Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Lemma, 7(2), 140–145. https://doi.org/10.22202/jl.2021.v7i2.4943
Zhou, R., Khemmarat, S., Gao, L., Wan, J., & Zhang, J. (2016). How Youtube videos are discovered and its impact on video views. Multimedia Tools and Applications, 75(10), 6035–6058. https://doi.org/10.1007/s11042-015-3206-0