DESKRIPSI PENGENALAN NILAI ISLAM MELALUI MEDIA TIMBANGAN PHET COLORADO PADA MATERI PLSV
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2242Keywords:
IndonesiaAbstract
Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan akhlak baik dalam berinteraksi, salah satunya adalah perilaku adil. Nilai keadilan yang tercermin dalam QS. Al-Zalzalah ayat 7–8 dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika, khususnya materi PLSV. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai islam berupa nilai keadilan pada materi PLSV kepada siswa dengan bantuan media timbangan PhET Colorado. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas VII SMP Islam Al-Amanah berjumlah 25 orang yang dipilih menggunakan random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, validasi ahli materi dan media, pretest, tanggapan siswa, dokumentasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 72% siswa memiliki nilai pretest dibawah kategori cukup. Namun, siswa menunjukan antusiasme tinggi dan tanggapan positif terhadap pembelajaran bernilai islam berbantuan media PhET Colorado. Respon siswa terhadap media yaitu 64,08% (kriteria positif) dan validasi ahli media serta materi layak digunakan.
References
Abida, Rahmania, dan Anggun Badu Kusuma. 2019. “Pemanfaatan Mobile Learning pada Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Sendika 5(1):229–35.
Adya Winata, Koko, dan Aan Hasanah. 2016. “Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik.” 9(1):1–23.
Ariansyah, Ari, Sugiatno Sugiatno, dan Bistari Bistari. 2021. “Mengatasi Hambatan Belajar Dalam Materi Plsv Menggunakan Desain Didaktis Dengan Scaffolding Di Smp.” Jurnal AlphaEuclidEdu 2(2):147. doi: 10.26418/ja.v2i2.42869.
Fitrah, Muh., dan Dedi Kusnadi. 2022. “Integration of Islamic Values in Teaching Mathematics as a Form of Strengthening Students’ Character.” Jurnal Eduscience 9(1):152–67.
Hayati, Maisyifa, Najwa Putri, dan Widyawati. 2024. “Implementasi Prinsip-Prinsip Islam Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Memperkokoh Kebangkitan Spiritual Siswa.” Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 3(2):43–54.
Herdiani, Jesse, Siti Halidjah, dan Rio Pranata. 2024. “Deskripsi Penggunaan Media Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka Kelas V Sekolah Dasar Negeri 35 Pontianak Selatan.” 07(01):4436–46.
Imamuddin, M. 2022. “Merancang Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasis Literasi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi 6(1):75–89. doi: 10.32505/qalasadi.v6i1.4132.
Mayung, Ria Assen, Windy Natalia Tandiayu, Zainuddin Untu, dan Aniek Widajanti. 2021. “Seminar nasional pendidikan profesi guru tahun 2023 e-issn: 2829-3541.” Hal. 105–11 in Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun. Vol. 2020.
Muqoddaroh, Fadillatul, dan , Putri Nur Malasari. 2023. “Integrasi Nilai-nilai Qur’ani pada Pembelajaran Aljabar.” NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science 3:406–20.
Ni’mah, N. 2022. “Integrasi Konsep Aljabar dalam Kehidupan Nyata Terhadap Aktualisasi Nilai Al-Qur’an.” 1–139.
Omeri, Nopan. 2024. “Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Basicedu 8(2):1278–85. doi: 10.31004/basicedu.v8i2.7355.
Sa’adun, Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Kota Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Saputro, Marhadi, Ardiawan Yudi, dan Fitriawan Dona. 2015. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak).” Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains 4(2):233–46.
Soendari, Tjutju. 2012. “Pengujian keabsahan data penelitian kualitatif.” Jurusan FLB Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono, Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D.
Suharsimi, Arikunto. 2006. “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.” Jakarta: Rineka Cipta 134:252.
Sylviani, Sisilia, Fahmi Candra Permana, dan Rio Guntur Utomo. 2020. “PHET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika.” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia 2(1):1–10. doi: 10.17509/edsence.v2i1.25184