HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DI SMPN 13 BANDA ACEH

Authors

  • Ardian Syahputra Universitas Syiah Kuala
  • Usman Usman Universitas Syiah Kuala
  • Muhammad Hasbi Universitas Syiah Kuala
  • Erni Maidiyah Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2241

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Hasil Belajar Matematika, Ketuntasan Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di SMPN 13 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental design dalam bentuk one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Banda Aceh  dan sampel pada penelitian ini sebanyak 33 siswa kelas VIII-2 SMPN 13 Banda Aceh dengan pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t dengan one-tailed test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di SMPN 13 Banda Aceh mencapai ketuntasan. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa

References

Baharullah. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya (IJMA), 2(2), 14–22.

Devi, A. N., & Hamdi, S. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Level SMP Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Pedagogi Matematika, 10(2), 130–141. https://doi.org/10.21831/JPM.V10I2.19680

Erfan, M., Sari, N., Suarni, N., Maulyda, M. A., & Indraswati, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tema Perkalian dan Pembagian Pecahan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 108–118. https://doi.org/10.36841/PGSDUNARS.V8I1.588

Komalasari, N., Tutut Widiastuti, T., & Ali, S. (2023). Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam Mengatasi Kecemasan Matematis Siswa. Gunung Djati Conference Series, 32, 7–17. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1995

Legista, A., Shofia, H., Pasaribu, M. B., Agustina, M. D., & Juin, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas X SMK Adi Luhur. Konstanta : Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 349–360. https://doi.org/10.59581/KONSTANTA.V2I1.2466

Maesaroh, S., Ratu Perwira Negara, H., & Yunita Ningsih, S. (2024). Analysis of the Impact of Cooperative Learning Model Utilization on Mathematics Learning in Secondary Schools. International Seminar on Student Research in Education, Science, and Technology, 1, 78–90. http://journal.ummat.ac.id/index.php/issrestec

Mukminah, Fitriani, E., Mahsup, & Syaharuddin. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar. JUSTEK: JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.3533

Nasruddin, N., Mashuri, S., & Nafiah, U. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Segitiga melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing Siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 80–94. https://doi.org/10.36312/E-SAINTIKA.V4I2.169

Nisa, S. K., Mulyati, R. N., Kawali, N. B., & Alur, H. (2024). Analysis of Student Learning Outcomes Using Team Game Tournament (TGT) Type Cooperative Learning in Elementary Schools. AURELIA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 1308–1313. https://doi.org/10.57235/AURELIA.V3I2.2690

Nurhalimah, K., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif TGT: Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8(5), 2118–7303. https://sejurnal.com/pub/index.php/jkii/article/view/1748

Silviyani, D., Lestari, W. D., Damayanti Lestari, W., & Wiralodra, U. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) berbasis Media Pembelajaran Interaktif. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 46–55. https://doi.org/10.36277/DEFERMAT.V3I1.71

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Syahputra, A., Usman, U., Hasbi, M., & Maidiyah, E. (2025). HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DI SMPN 13 BANDA ACEH. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 122–131. https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2241

Issue

Section

Articles