HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DI SMPN 13 BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v8i1.2241Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Hasil Belajar Matematika, Ketuntasan BelajarAbstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di SMPN 13 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental design dalam bentuk one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Banda Aceh dan sampel pada penelitian ini sebanyak 33 siswa kelas VIII-2 SMPN 13 Banda Aceh dengan pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t dengan one-tailed test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di SMPN 13 Banda Aceh mencapai ketuntasan. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa
References
Baharullah. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya (IJMA), 2(2), 14–22.
Devi, A. N., & Hamdi, S. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Level SMP Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Pedagogi Matematika, 10(2), 130–141. https://doi.org/10.21831/JPM.V10I2.19680
Erfan, M., Sari, N., Suarni, N., Maulyda, M. A., & Indraswati, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tema Perkalian dan Pembagian Pecahan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 108–118. https://doi.org/10.36841/PGSDUNARS.V8I1.588
Komalasari, N., Tutut Widiastuti, T., & Ali, S. (2023). Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam Mengatasi Kecemasan Matematis Siswa. Gunung Djati Conference Series, 32, 7–17. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1995
Legista, A., Shofia, H., Pasaribu, M. B., Agustina, M. D., & Juin, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas X SMK Adi Luhur. Konstanta : Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 349–360. https://doi.org/10.59581/KONSTANTA.V2I1.2466
Maesaroh, S., Ratu Perwira Negara, H., & Yunita Ningsih, S. (2024). Analysis of the Impact of Cooperative Learning Model Utilization on Mathematics Learning in Secondary Schools. International Seminar on Student Research in Education, Science, and Technology, 1, 78–90. http://journal.ummat.ac.id/index.php/issrestec
Mukminah, Fitriani, E., Mahsup, & Syaharuddin. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar. JUSTEK: JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.3533
Nasruddin, N., Mashuri, S., & Nafiah, U. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Segitiga melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing Siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 80–94. https://doi.org/10.36312/E-SAINTIKA.V4I2.169
Nisa, S. K., Mulyati, R. N., Kawali, N. B., & Alur, H. (2024). Analysis of Student Learning Outcomes Using Team Game Tournament (TGT) Type Cooperative Learning in Elementary Schools. AURELIA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 1308–1313. https://doi.org/10.57235/AURELIA.V3I2.2690
Nurhalimah, K., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif TGT: Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8(5), 2118–7303. https://sejurnal.com/pub/index.php/jkii/article/view/1748
Silviyani, D., Lestari, W. D., Damayanti Lestari, W., & Wiralodra, U. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) berbasis Media Pembelajaran Interaktif. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 46–55. https://doi.org/10.36277/DEFERMAT.V3I1.71