EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA: KONSEP SIMETRI PADA POLA GERAK TARI MERAK
DOI:
https://doi.org/10.36277/defermat.v7i2.2237Keywords:
Etnomatematika, Tari Merak, SimetriAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengalisis keterkaitan konsep simetri yang ada pada pola gerak Tari Merak dengan menerapkan pendekatan etnomatematika yang mengaitkan elemen budaya dan matematika. Tari Merak adalah salah satu tarian klasik dari Jawa Barat yang memperlihatkan keindahan simetri melalui beragam elemen seperti refleksi, rotasi, dan translasi. Contohnya seperti gerakan Gilek, Gileur, dan Tumpang Tali. Penelitian ini telah dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif yaitu menggunakan metode etnografi. Metode ini melibatkan kegiatan observasi (pengamatan), wawancara mendalam, penyebaran kuesioner, serta analisis video pertunjukan. Penelitian menunjukkan bahwa konsep simetri secara alami diterapkan dalam gerakan dan pola lantai Tari Merak, menciptakan harmoni visual yang khas dan indah. Para responden, yang sebagian besar berasal dari komunitas seni tari, melihat bahwa penggabungan matematika ke dalam seni tari sangat menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penemuan ini mendukung pemanfaatan seni budaya sebagai alat pembelajaran matematika yang kontekstual dan relevan sambil turut berperan dalam melestarikan kekayaan budaya lokal
References
Adinawan, M. Cholik. (2013). Matematika Untuk SMP Kelas VIII Semester 2. Jakarta: Erlangga.
Albab, I. U., Hartono, Y., & Darmawijoyo, D. (2014). Kemajuan Belajar Siswa Pada Geometri Transformasi Menggunakan Aktivitas Refleksi Geometri. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 338–348. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2378
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.
Angel, S., & Saija, L. M. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerakan Tari Manuk Dadali Terhadap Konsep Geometri. Jurnal Padegogik, 6(1), 10–24.
Anggi Pratiwi, S., & Mushlihuddin, R. (2021). Desain Pengembangan Tari Serampang 12 Sebagai Media Pembelajaran Etnomatematika Materi Geometri Transformasi. EduMatika: Jurnal MIPA, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.56495/emju.v1i1.72
Enistoneisya, A., & Setiani, A. (2017). Konsep Matematika pada Tari Jaipong Kembang Tanjung. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 1(1).
Habibah, H., Zulkarnain, I., & Budiarti, I. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Geometri Pada Pola Gerak Tari Tradisional Banjar Baksa Kembang. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 266. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.14090
Jhon, W, C. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Mycological Research, 94(3), 522.
Linda, O. :, & Putri, I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesedian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah "PENDIDIKAN DASAR, IV(1), 22–31.
Loeb, A. L. (1986). Symmetry in court and country dance. Computers and Mathematics with Applications, 12(3-4 PART 2), 629–639. https://doi.org/10.1016/0898-1221(86)90415-3
Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.246
Maridi, K. S., Sanggar, P., Soemirat, S., & Surakarta, D. I. (2020). Analisis Gerak Tari Merak Subal. 19(2).
Maskar & Anderha dalam Nawfa & Waluyo, 2024. (2024). JOEAI (Journal of Education and Instruction) Volume 7, Nomor 1, Januari–Juni 2024. 7, 305–317.
Naja, F. Y., Mei, A., & Sa’o, S. (2021). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Pada Gerak Tari Tradisional Suku Lio. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1836. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3885
Nuraini, F., Mahfiroh, L., Fitrotunnida, T., & Praredya, B. (2023). Eksplorasi Pola dan Bentuk Simetri Gerakan Tari Tradisional Berbasis Etnomatematika pada Tari Nanas Madu. Seminar Nasional Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 417–429.
Ranali, R., & Astuti, H. P. (2023). Etnomatematika Pada Gerak Tari Kembang Tanjung. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 111–121. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.484
Rochayati, R. (2019). Konsep Penari Dan Desain Ruang Pada Tari Merenungku Adalah Gerak. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 137. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2421
Rosa, M., & Orey, D. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54.
Tamariska dkk, 2024. (2024). Emasains Emasains. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 13(1), 1–12.